25 radar bogor

Digeledah 12 Jam, Mantan PM Malaysia tak Ditahan

KUALA LUMPUR–RADAR BOGOR,Ayahnya, Anwar Ibrahim, adalah salah satu musuh politik terbesar Najib Razak. Nurul Izzah juga termasuk yang paling keras menyoroti dugaan keterlibatan Najib semasa menjadi perdana menteri Malaysia dalam megakorupsi 1MDB.

Tapi, ketika Najib yang kini telah tumbang diperlakukan secara tidak etis, Nurul tak ragu untuk membela. ”Sebagai man­­tan korban razia dini hari oleh polisi, saya perlu menekan­kan ketidak­­setujuan saya terhadap ope­rasi yang dilakukan pada jam-jam tidak tepat seperti ini,” cuitnya di akun @n_izzah tersebut.

Razia dalam kaitan dengan kasus 1MDB tersebut berlangsung sekitar 12 jam. Mulai Rabu jelang tengah malam lalu (16/5) sampai keesokan paginya.

Dimulai sepulang Najib dari salat Tarawih. Sebanyak 16 mobil polisi dan Black Maria, truk pengangkut tahanan, mengepung rumah mewahnya di Kuala Lumpur.

Najib terdepak dari kursi PM setelah Barisan Nasional ditaklukkan Pakatan Harapan yang dikomandoi Mahathir Mohamad dalam pemilu pada Rabu pekan lalu. Mahathir yang dulu pernah 22 tahun memimpin Malaysia kembali jadi PM. Didampingi Wan Azizah Wan Ismail, istri Anwar sekaligus ibunda Nurul, sebagai timbalan alias deputi PM.

Menurut Nurul, polisi tetap harus mengedepankan keadilan dan kebijaksanaan dalam aksi mereka. Seharusnya, razia ataupun investigasi dan pendakwaan bisa dilakukan pada jam-jam yang layak.

Begitu diunggah di Twitter, cuitan Nurul itu itu langsung di-retweet sebanyak 13.000 kali. Senada dengan Nurul, para pengguna internet, khususnya para pemilik akun Twitter, menyayangkan razia larut malam tersebut. Apalagi, dilakukan pada hari pertama bulan suci Ramadan.

Kemarin (17/5), sekitar pukul 10.00 pagi waktu setempat, razia berakhir. Sekitar 90 menit sebelumnya, tiga mobil polisi meninggalkan kediaman Najib. Tidak ada dokumen yang disita dari rumah mewah tersebut.

”Investigasi kami masih berjalan. Kami baru bisa memba­­gikan informasi kepada publik setelah pencarian berakhir,” kata Amar Singh, direktur penyelidikan kriminal kepolisian, kepada Reuters.

Dari kediaman Najib itu, menurut Malaysian Digest, polisi mengusung sejumlah kotak. Beberapa di antaranya berwarna biru. ”Mereka hanya menyita barang-barang pribadi dari rumah ini. Tidak ada bukti-bukti yang mengarah pada perbuatan kriminal,” ujar Harpal Singh Grewal, pengacara Najib, seperti dilansir Bernama.

Harpal menegaskan, razia itu tidak akan diikuti dengan penangkapan meskipun polisi membawa Black Maria ke kediaman Najib. ”Tidak ada indikasi (polisi) akan melakukan penangkapan,” katanya dalam jumpa pers di halaman rumah Najib pada pukul 04.00 dini hari kemarin. (hep/ttg)