25 radar bogor

Dehidrasi Saat Puasa? Ini Tips untuk Mencegahnya

Ilustrasi

RADAR BOGOR,Lemas, lunglai, ngantuk sepanjang hari? Sudah, jangan mengeluh terus. Namanya juga lagi puasa. Daya konsentrasimu saat puasa bisa jadi menurun akibat dari dehidrasi. Nah, karena bulan Ramadan masih panjang, yuk simak tips menghindari dehidrasi biar puasamu tetap semangat!

Banyak Minum Air Putih, Hindari Soda

Di siang bolong saat bulan Ramadan, orang paling takut sama iklan minuman bersoda yang tampak menggoda. Iya sih seger, tapi jangan tergoda buat menegak bergelas-gelas soda pada saat berbuka nanti. Sebab, minum minuman bersoda di bulan puasa itu nggak baik lho. Soda bisa menghilangkan kelembaban dalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan dehidrasi kronis.

Kurangi Aktivitas Outdoor

Cairan dalam tubuh juga kerap keluar dari tubuh kita melalui keringat. Selama bulan puasa, sebaiknya kamu mengurangi aktivitas outdoor yang nggak perlu. Terutama di siang hari. Boleh kok work out, tapi pilih exercise yang ringan-ringan saja. Nggak usah ngotot main futsal atau basket kalau nggak ingin terpaksa mokah karena kehausan. Stay comfy dengan baju berbahan cotton untuk menghindari keringat berlebih.

Mandi Air Dingin

Setelah beberapa hari berpuasa, kamu bakal terbiasa dengan rasa haus. Tapi, bukan berarti kamu harus terbiasa dengan efek dehidrasi. Karena itu mulai lah perhatikan tanda-tanda dehidrasi lainnya seperti bibir pecah-pecah, kepala pusing, hingga tubuh menghangat. Kalau sudah begitu, ada baiknya kamu mulai mendinginkan temperatur tubuhmu. Salah satu cara termudah dan menyegarkan adalah dengan mandi air dingin.

Konsumsi Buah

Cairan tubuh bisa masuk nggak hanya lewat air mineral aja, lho. Buah-buahan tertentu juga bisa. Jadi, ada baiknya kamu membiasakan diri mengonsumsi buah baik saat sahur maupun buka. Beberapa buah yang diketahui mengandung banyak cairan diantaranya blewah, nanas, anggur, mangga, dan kelapa.

(rs/aya/fer/JPR)