Beranda Olahraga Kickers

CAN Si Teman Hati !!!

ILUSTRASI.

LIVERPOOL-RADAR BOGOR, Nama Emre Can berasal dari bahasa Turki. Emre artinya adalah teman, sedangkan Can artinya semangat, hati, kehidupan. Nama Emre Can sendiri tak hanya milik dirinya. Nama tersebut sama dengan nama grand master catur Turki yang men­juarai Tur­kish Chess Cham­pion 2011.

Can sebenarnya bisa menjadi pemain anda­lan Turki di usia muda, andai saja ia memilih negara kela­hiran orang tuanya. Akan tetapi, ia lebih memilih Jer­man yang jadi negara kelahir­an­nya, serta mengasahnya men­jadi pemain berbakat Eropa.

“Saya pilih Jerman karena saya nya­man di sini,” ucap­­nya, bebe­rapa waktu lalu.

Can me­ru­pa­kan pemain yang sa­ngat multi­ta­lenta. Dia bisa dimain­kan sebagai bek sayap mau­­­pun seba­gai winger. Can sendiri membela timnas kelahi­ran­nya, Jer­man sejak dari timnas U-15. Kini dia ber­main di timnas senior Jerman dan akan menjadi bagian penting di Piala Dunia 2018 nanti. Dikabarkan pula bahwa Emre Can sangat diminati oleh Juventus dan akan didatangkan pada transfer musim panas nanti.

Mengawali karier profe­sionalnya sebagai pe­main sepak bola bersa­ma Bayern Muenchen dan Bayer Leverkusen, Can kemudian berga­bung dengan Liver­pool pada 2014 dengan biaya 9,7 juta pound.

Can dianggap seba­gai salah satu pemain masa depan terbaik Jerman. Dia pernah bermain di semua usia, mulai dari U-15, U-17, U-19, U-21 dan sekarang menjadi bagian dari timnas senior yang akan berlaga di Piala Dunia 2018.

Salah satu kehebatan Emre Can terjadi pada Piala Dunia U-17. Can mencetak gol solo luar biasa saat menghadapi Meksiko di semifinal Piala Dunia U-17 pada 2011. Menerima bola dengan tiga bek lawan berusaha menutup pergerakannya, Can melewati satu orang sebelum berlari meninggalkan dua lainnya dan melewati sang kiper. Jerman pada akhirnya kalah 3-2.

Can kerap dibanding-banding­kan dengan gelandang top Jerman, Bastian Schweinsteiger, karena kelihaiannya untuk mela­kukan transisi cepat dari bertahan ke menyerang. Dia juga mem­punyai tendangan keras dan piawai mengontrol tempo per­mainan.(rur/net)

Baca Juga