25 radar bogor

Tingkatkan Pendapatan Layanan Data

Omer Ritonga/Radar Bogor TUMBUH POSITIF: Suasana pelayanan kepada pelanggan di XL Center Bogor, Jalan Sudirman, Kota Bogor.

BOGOR–RADAR BOGOR, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengumumkan pencapaian kinerja kuartal pertama tahun 2018 dengan meraih pertumbuhan positif dan terus meningkatkan kontribusi pendapatan layanan data.

Momentum pertumbuhan layanan data terus bisa berlanjut dan hingga saat ini telah mencapai 77 persen terhadap total pendapatan layanan, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 63 persen.

Presiden Direktur/CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, pada kuartal pertama 2018 ini, XL Axiata meraih pendapatan sebesar Rp5,5 triliun atau meningkat sebesar 4 persen YoY.

Hal tersebut didorong meningkatnya pertumbuhan layanan data. Inovasi produk dan peningkatan kualitas jaringan data, kata dia, mendorong pertumbuhan layanan data sebesar 29 persen YoY di kuartal pertama ini.

“Pencapaian ini merupakan hasil dari tetap berfokusnya kami pada strategi untuk memperkuat proposisi layanan data melalui penerapan dual-brand,” ujar Dian.

Sementara itu, perusahaan mencatat laba bersih sebesar Rp15 miliar. Dari sisi neraca terlihat cukup kuatnya fundamental keuangan perusahaan dengan tingkat utang terhadap EBITDA pada posisi yang aman, yaitu 1.5x, dan cash flow dalam posisi yang juga positif.

Pada kuartal pertama 2018 ini, XL Axiata telah melakukan pembayaran kembali atas utang sebesar Rp1,5 triliun melalui skema refinancing dan semua utang XL Axiata telah dalam status terlindungi (fully hedged).

Strategi dual-brand juga membawa XL Axiata meningkatkan pangsa pasar di segmen pasar yang berbeda dengan meluncurkan produk dan layanan yang inovatif di setiap segmen pasar.(mer/b)