25 radar bogor

Potensi Zakat Tembus Rp15 Miliar

SOFYANSYAH/RADAR BOGOR SOSIALISASI: Pengurus UPZ Baznas Kabupaten Bogor saat rapat koordinasi di ruang rapat serbaguna I, Senin (15/5).

CIBINONG–RADAR BOGOR, Baznas Kabu­paten Bogor mengadakan rapat koordinasi UPZ Baznas se-Kabupaten Bogor dengan UPZ SKPD, BUMD, instansi vertikal, puskesmas dan koor­dinator satuan pendi­dikan formal dan nonformal di ruang rapat serbaguna 1 Setda, Senin (15/5).

Ketua Baznas Kabupaten Bogor Lesmana mengatakan, rakor ini rutin dilakukan dan merupakan kali ketiga sejak 2018. ”Tujuan rakor ini untuk me­ngoptimalkan peng­himpunan zakat, infak, sede­kah khususnya di masya­rakat Kabupaten Bogor melalui UPZ, khususnya di bulan Rama­­dan,” katanya.

Lesmana melanjutkan, rakor ini juga menjadi cara untuk meningkatkan pengelolaan zakat secara profesional, trans­paran, dan akuntabel sehingga berdam­pak positif bagi mas­yarakat Kabupaten Bogor.

”Sebagai gambaran potensi penerimaan zakat di Kabu­paten Bogor tiap tahun­nya sebesar Rp15 miliar, dengan 10 persen dari jumlah tersebut adalah zakat, dan sisanya berupa infak dan sedekah,” paparnya.

Sementara, rendahnya sosialisasi dan belum sadarnya masyarakat menunaikan zakat menjadi penyebab belum optimalnya potensi zakat di Kabupaten Bogor.
Untuk itu, pihaknya mendo­rong kesa­daran berzakat melalui edukasi secara berkesinam­bungan, tentang esensi zakat, infak dan sedekah pada masyarakat.

Sebagai catatan, Lesmana memaparkan, pada 2017 Baz­nas Kabupaten Bogor telah menghimpun zakat, infak, sedekah mencapai Rp6,4 miliar. Jumlah ini meningkat dari 2016, yakni Rp5,5 miliar. ”Zakat tersebut telah disalurkan ke 8 asnaf,” tandasnya.(wil/c)