25 radar bogor

Menuju Sekolah Paling Sehat di Indonesia

TK Akbar yang berlokasi di Jalan Pandu Raya, Kelurahan Tegalgundil, Kecamatan Bogor Utara, berhasil meraih juara pertama Lomba Sekolah Sehat (LSS) di tingkat Provinsi Jawa Barat, mengalahkan kota/kabupaten lainnya di Jabar. Berbagai persiapan pun dilakukan agar menjadi sekolah paling sehat di Indonesia.

Sekretaris Tim Pembina UKS Kota Bogor Iman mengatakan, TK Akbar dibantu Tim Pembina UKS Kota Bogor yang terdiri dari berbagai unsur dinas sudah mulai mempersiapkan LSS di Juli mendatang. Pasalnya, ada beberapa hal yang masih harus diperbaiki untuk lebih baik, mengingat ada tiga aspek yang dinilai. Sebut saja aspek kesehatan, pendidikan, dan lingkungannya.

“Jadi, nanti apa-apa yang perlu diperbaiki dari kesehatan akan dibantu Dinas Kesehatan, pendidikannya dari Dinas Pendidikan, lingkungannya dari Dinas Ketahanan Pangan (DKP) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH),” ujarnya seusai Rakor Persiapan LSS di Sekretariat TP-UKS Kota Bogor belum lama ini.

Ia menambahkan, sesuai arahan dari Ketua TP-UKS Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, dalam waktu dekat juga akan dibuat sebuah modul sekolah sehat. Modul akan disusun tim ahli di bidangnya. Jika sudah selesai akan terlebih dahulu dikirim ke Kementerian Kesehatan, demi memenuhi modul sekolah sehat yang sesuai dengan standar nasional.

“Setelah mendapatkan persetujuan dari kementerian, modul akan kami bagikan dan sosialisasikan ke sekolah-sekolah. Mulai tingkat TK, SD dan SMP. Sebab, goals besar yang ingin kami capai adalah menciptakan sekolah sehat di seluruh sekolah di Kota Bogor,” tegasnya.

Sementara itu, Ade Sarip Hidayat mengatakan, kemenangan TK Akbar di tingkat Provinsi Jawa Barat menjadi bukti hasil pem­binaan seluruh tim yang terlibat. Meski begitu, ia sangat menekan­kan agar program yang sudah berjalan ini terus diterapkan di sekolah, dan TK Akbar menjadi benchmarking untuk sekolah-sekolah lain. “Butuh modul sebagai pedo­man­nya. Jadi, semua yang ada di TK Akbar ini ditulis dalam bentuk buku atau modul,” katanya.(ran/*)