25 radar bogor

Kutu Serang Anak-anak Sukamakmur

CEK KESEHATAN: Salah seorang dokter dari UPT Puskesmas Kecamatan Sukamakmur, mengecek detak jantung salah seorang warga.

SUKAMAKMUR–RADAR BOGOR, Penyakit kulit dan gatal-gatal masih men­dominasi di Kecamatan Sukama­k­mur.

UPT Puskesmas Sukamak­mur bahkan menyebut jika penyakit ini mayoritas diderita anak-anak dan terjadi di sejumlah kampung. Seperti Kampung Mulyasari, Sukawa­ngi, Wargajaya, dan Sukaharja.

Menurut dr Agus Wahyudi, dari UPT Puskesmas Sukamak­mur, penyakit ini disebabkan sejumlah faktor. Mulai dari gaya hidup yang tidak bersih, kutu, jamur hingga lingkungan perkam­pungan yang kotor. ”Penyebab utamanya itu kutu,” kata dokter fungsional UPT ini kepada Radar Bogor, ke­marin (16/5).

Sementara, kutu bersumber dari lingkungan yang kurang sehat di mana masyarakat tidak mem­perhatikan kebersihannya. ”Seperti pakaian, karpet yang kotor juga menjadi sumber kutu yang membuat anak-anak terserang gatal-gatal,” imbuhnya.

Selain penyakit kulit dan gatal-gatal, pilek dan lambung juga kerap kali diidap warga Sukamakmur. Biasanya, kata dia, dua penyakit ini diderita orang dewasa.

”Penyebabnya pola makan yang tidak teratur serta kondisi cuaca saat ini yang kurang bersahabat. Tapi pola makan penyebab utamanya,” imbuhnya.(all/c)