25 radar bogor

Fokker Bisa Mendarat di ATS

FIKRI/RADAR BOGOR FASILITAS: Inilah lahan yang akan dibangun runway di ATS untuk pendaratan pesawat kecil.

KEMANG–RADAR BOGOR, Tidak lama lagi, Landasan Udara Atang Sendjaja (Lanud ATS) bisa disinggahi pesawat-pesawat kecil. Ya, dalam waktu dekat, Lanud ATS akan membuka runway sepanjang 1.500 meter. Hal itu disampaikan Danlanud ATS Marsma TNI Irwan Is. Dunggio kepada Radar Bogor.

”Insya Allah, 1.500 meter (runway segera dibangun, red). Itu sudah melalui arahan dari menteri juga. Nantinya pesawat-pesawat kecil bisa melandas di sini,” ujarnya.

Pesawat-pesawat itu di antaranya jenis Fokker dan Cesna. Menurut danlanud, runway juga nantinya berguna untuk meningkatkan kapasitas latihan dan kegiatan penerbangan. ”Bisa digunakan sebagai landasan penerbangan VIP dengan pesawat kecil,” terangnya.

Komandang Wing 4 Lanud ATS Kolonel Pnb Bambang Juniar menambahkan, landasan itu nantinya belum bisa digunakan peswat jenis Boeing. ”Kalau Boeing itu panjang minimal runway 2.500 meter. Tapi kalau mau dipaksakan bisa juga kok dibangun di sini (Lanud ATS). Hanya saja harus diperlebar sampai luar area Lanud,” tambahnya.(cr3/c)