25 radar bogor

Peluang Samai Legenda

KEJAR REKOR: Pembalap Honda Repsol, Marc Marquez akan mengejar rekor dalam balapan MotoGP di Prancis, akhir pekan ini.

JEREZ–RADAR BOGOR, Marc Marquez memiliki peluang untuk menyamai sebuah capaian Casey Stoner dalam balapan MotoGP Prancis pada akhir pekan. Syaratnya, Marquez harus menang.

Musim ini Marquez sudah meraih dua kemenangan dari empat balapan awal MotoGP 2018. Sepasang podium pertama rider Repsol Honda itu diraih secara berturut-turut di Austin dan Jerez pada seri ketiga dan keempat.

Dengan dua kemenangan tersebut, Marquez kini bertengger di puncak klasemen sementara dengan 70 poin alias unggul 12 angka dari Johann Zarco yang menjadi pesaing terdekatnya.

Hasil di Jerez juga membuat Marquez kini sudah meraih 37 kemenangan MotoGP. Jumlah itu membuatnya menyamai Mike Hailwood dalam daftar peraih kemenangan terbanyak di kelas primer.

Nama berikutnya yang berikutnya akan dibidik Marquez dalam daftar itu adalah Stoner yang punya 38 kemenangan. Artinya, Marquez akan bisa menyamai Stoner jika mampu meraih kemenangan di Le Mans pada akhir pekan.

Jika mampu melakukannya, Marquez tinggal punya Jorge Lorenzo (44 kemenangan), Mick Doohan (54), Giacomo Agostini (68), dan Valentino Rossi (89) yang masih mengunggulinya dalam daftar tersebut.

Sejak berkiprah di MotoGP, Marquez sudah menjalani 94 balapan dengan memenangi 37 di antaranya. Persentase kemenangannya kini mencapai 39,3 persen.(rur/dc)