Beranda Metropolis

Minta Bangun Traffic Light untuk Akses Tol BORR

BERBAGI
BERPOLEMIK: Warga perumahan Bukit Cimanggu City mengusulkan pembangunan traffic light agar bisa mengakses tol BORR langsung dari pintu gerbang BCC.

BOGOR– RADAR BOGOR,Tak kunjung mendapat solusi dari pihak-pihak yang berkepentingan, warga Bukit Cimanggu City (BCC) akhirnya mengonsep sendiri untuk bisa mengakses tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi IIB.

Mereka membuat konsep traffic light (TL) di pintu BCC, kemudian mengajukan permohonan ke Pemkot Bogor.

Surat permohonan itu, warga ajukan ke wali kota Bogor sejak dua hari silam. Mereka meminta Pemkot Bogor memasang tiang-tiang traffic light di pertigaan antara pintu BCC dengan Jalan Raya Sholeh Iskandar (Sholis).

“Intinya, di pertigaan yang dari BCC ketemu jalan raya itu, dipasang traffic light. Jadi, traffic light yang mengatur dari arah Yasmin ke Jogja, kemudian dari bukit juga dipasang traffic light,” jelas jubir warga BCC, Ahmad Daryoko, kemarin (15/5).

Meski begitu, ia meminta traffic light tersebut tidak diberlakukan sepanjang waktu. Artinya, traffic light hanya mengatur lalu lintas Jalan Sholis di luar jam sibuk kerja. Sehingga pada jam sibuk, warga BCC tetap masuk ke jalur lambat samping ramp on tol BORR seksi IIB.

“Jam 09.00 ke atas sampai jam 16.00, nanti jam 16.00 rame lagi. Jadi, traffic light ini membantu pejalan kaki, pas lampunya merah bisa nyeberang,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Rakhmawati, mengaku belum menerima arahan dari plt wali kota terkait hal itu. Namun, menurutnya, permin­­­taan warga itu dirasa sulit terwujud. Pasalnya, di dekat tempat itu sudah ada traffic light, tepatnya di pertigaan Sholis dan Yasmin. “Secara teknis juga tidak memungkinkan, terlalu dekat dengan traffic light Yasmin dan Lotte,” sebutnya.

Jika tetap memaksa diberlakukan traffic light pada pintu BCC, menurutnya akan terjadi antrean kendaraan yang fatal. Letak traffic light yang berdekatan dapat menyebabkan ekor antrean terkunci.

“Jadi, intinya kita gak bisa fasilitasi traffic light. Karena kan ini jalan nasional, dan Dishub juga tidak ada perencanaan kegiatan di sana tahun ini,” kata Rakhma.

Sekadar diketahui, sebelum­nya sebagian warga BCC memasang spanduk dan umbul-umbul tepat di depan tol BORR seksi IIB, Kamis (10/5). Spanduk tersebut berisi permintaan warga untuk bisa mengakses pintu tol langsung dari depan BCC.(fik/c)

Baca Juga