Beranda Olahraga Kickers

Dilarang Tampil karena Tes

ILUSTRASI

LIMA–RADRA BOGOR, Kapten Peru, Paolo Guerrero dila­rang tampil di Piala Dunia Rusia karena tes doping yang menunjukkan hasil positif. Dikutip dari ESPN, peng­adilan Arbitrase untuk Olahraga (CAS) melakukan sidang untuk banding yang diajukan Badan Anti-Doping Dunia. Mereka meminta lamanya hukuman ditingkatkan.

Guerrero awalnya dilarang telibat dalam pertandingan apa pun selama 12 bulan setelah hasil tes kesehatan menun­jukkan ada kandungan benzoy­lecgonine di dalam tubuhnya. Senyawa ini merupakan metabolit kokain yang dilarang penggu­naannya dalam dunia olahraga.

Larangan bertanding bagi sang kapten mulai diberlakukan pasca pertandingan kualifikasi Piala Dunia antara Peru dengan Argentina pada Oktober tahun lalu.
Untuk membela diri saat itu, Guerrero berargumnen bahwa zat itu secara tidak sengaja ia konsumsi karena terkandung dalam teh. FIFA pun mengurangi masa larangan bertanding selama enam bulan. Ini membuatnya bisa bermain dalam Piala Dunia Rusia nanti.

Pengadilan Arbitrase untuk Olah­raga baru saja memutuskan untuk me­nambah larangan waktu bermain un­tuk Guerrero menjadi 14 bulan lama­nya. Para juri di pengadilan menilai bahwa Guerrero memang tidak berusaha untuk mening­katkan kinerjanya dengan mengonsumsi zat terlarang ini.

Namun dirinya dianggap melakukan kelalaian sehingga tidak berhenti meng­onsumsi teh yang terbukti mengandung benzoylecgonine.

Ketiadaan Guerrero akan menjadi puku­l­an besar bagi Peru. Ia adalah kapten tim yang memiliki peran vital dalam mengatur jalannya permainan.(rur/net)

Baca Juga