Beranda Bogor Raya Barat Utara

Bebas DBD Jelang Puasa

IST
CEGAH DBD: Petugas fogging menyemprot parit yang ada di Desa Tajurhalang, Kecamatan Tajurhalang.

TAJURHALANG–RADAR BOGOR, Mendekati bulan Ramadan, pengurus Paguyuban The Samudra Re­sidence bersama aparat Desa Tajurhalang dan Karang Taru­na Kecamatan Tajurhalang, me­ngadakan kegiatan fogging, kemarin (15/4) untuk mengan­tisipasi serangan demam ber­darah dengue (DBD).

Ketua Paguyuban Perum The Samudra Residence Leopard, Dwi Kalbarianto mengata­kan, kegiatan ini digagas untuk mengantisipasi wabah DBD jelang puasa.

”Alhamdulillah, pemerin­tah desa mendukung kami beru­pa bantuan mesin dan segala yang dibutuhkan dalam ke­giatan ini,” ucapnya.

Selain fogging, ia mengimbau warga untuk menjaga keber­sihan dan tidak mem­buang sampah sembarangan. ”Setiap warga sudah memiliki tempat sampah. Tiap minggu diangkut baik rumah ke rumah atau di tempat sampah yang kami sediakan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kecamatan Tajurhalang, Taufiq berharap, pemerintah dan pemuda mendukung setiap kegiatan masyarakat. ”Fogging ini akan jadi prog­ram karang taruna. Tiap RW akan me­nga­dakan hal seru­pa,” tukasnya.

Kepala Desa Tajurhalang Syaefuddin menambahkan, upaya pencegahan lebih baik daripada mengobati. Kare­na­nya, mesin fogging milik de­sa akan dimaksimalkan untuk kepentingan warga.

Ia juga mengimbau war­ga untuk menerapkan perila­ku hi­dup bersih dan sehat (PHBS) dan menjaga kebersihan ling­kungan. Menurutnya, fogging ini sebagai upaya antisipa­si awal mewabahnya virus DBD, se­le­bihnya kesadaran untuk menja­g­a kebersihan yang utama.

”Jangan sampai ada sam­pah menumpuk terlalu lama di ling­kungan. Dan warga juga harus sadar kewajiban iuran pe­ngangkutan sampah,” tukasnya.(*/ pem)

Baca Juga