25 radar bogor

Hemat Waktu hingga Tiga Jam

Wulan/radar Bogor JADI JALUR FUNGSIONAL : Sejumlah aktivitas pekerjaan Tol Bocimi terus diselesaikan hingga kini. Pemerintah menargetkan jalur tersebut dapat menjadi alternatif untuk menuju Bogor-Sukabumi.

CIGOMBONG–RADAR BOGOR, Masyarakat sudah menanti fungsional Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) sesi I untuk arus mudik Leba­ran. Dengan memanfaatkan jalur tol tersebut, tentunya dapat mengurangi beban kendaraan yang melintas menuju Jawa Barat bagian selatan.

Kasatlantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama men­jelas­kan, jika Tol Bocimi tersebut berfungsi maka Bogor-Sukabumi yang ber­jarak sekitar 67 km dapat ditempuh satu hi­ngga dua jam saja dari perkiraan lima jam melalui jalur alteri. Meski demikian, rencana fungsional jalur tol tersebut hingga kini belum terkoor­dinasi hingga ke Polres Bogor.

”Kalau koordinasi biasa saja, karena mereka juga masih mengerjakan, dan kami tidak ada ranah untuk itu. Namun belum ada pembicaraan untuk difu­ngsikan, belum ada pem­bahasan ke situ,” ujarnya.

Akan tetapi, jika benar fungsional Tol Bocimi bakal dilakukan pada arus mudik Lebaran tahun ini, tentunya menjadi salah satu program yang bakal dipersiapkan Satlantas Polres Bogor.

Selain itu, persiapan dila­kukan semaksimal mungkin. Baik metode juga pelak­sanaan perubahan jam-jam ter­­tentu pada jalur Puncak.

”Ada fase di mana saat tu­run dari Cian­jur kita lakukan peng­alihan ke Jonggol-Cileungsi-Cariu. Karena memang dari Cianjur itu berbondong-bondong (ken­­daraan, red),” papar Hasby.

Begitu pula di jalur Bocimi. Kendaraan yang melin­tasi jalur Bocimi juga bakal dibatasi, mengingat jalur belum sempurna akibat pekerjaan betonisasi, perbaikan badan jalan di Cikereteg, dan beto­nisasi Pasar Caringin. Untuk itu, Hasby meng­harapkan pekerjaan-pekerjaan tersebut rampung sebelum arus mudik tiba.(dka/c)