25 radar bogor

Akses Jalan Diperlebar

PELEBARAN JALAN: Alat berat mulai mengeruk tanah untuk pelebaran jalan di areal paralayang, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, kemarin (14/5).

CISARUA-RADAR BOGOR, Akses jalan di areal para­layang, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, kini telah diperlebar. Selain me­rupakan bentuk persia­pan dalam menghadapi event olahraga terbesar, pe­ningkatan di jalur ter­sebut juga untuk mengurangi risiko.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan dan Jembatan Wilayah Ciawi Eko Sulistio mengatakan, peningkatan akses jalan menuju landasan parala­yang pengerjaannya sempat tertunda. Pasalnya, jalan yang berada di ka­wasan tersebut masih menjadi lahan Gunung Mas.

Meski demikian, pihaknya terus berusaha agar Gunung Mas mem­berikan lahan untuk dilakukan pe­ning­katan.

”Kalau sekarang lebar jalan hanya tiga meter tentu itu tidak cukup, dan sulit dilewati jika ada mobil berpapasan,” singkatnya men­jelaskan.

Masih kata Eko, jalur tersebut memang harus dilebarkan. Untuk itu, UPT melakukan pelebaran sepanjang tiga meter ke arah dalam jalan. ”Kami sudah ajukan ke Bandung (PTPN), dan akhirnya dibe­rikan untuk dilakukan pele­baran,” tambahnya.

Saat ini, Eko memastikan, jalur paralayang yang memiliki panjang sekira lebih dari satu kilometer itu sudah bisa lancar dilalui roda empat secara ber­samaan. Meski be­gitu, Eko mengim­bau un­tuk tetap berhati-hati jika melintas di jalur tersebut.(dka/c)