25 radar bogor

Tol Bocimi Bisa Dilintasi

GEBER PENGERJAAN: Pemerintah terus merampungkan proyek Tol Bocimi jalur alternatif menuju Jawa Barat bagian selatan. Konstruksi proyek tol yang mencapai 77,39 persen ini ditargetkan berfungsi pada mudik Lebaran.

CIGOMBONG–RADAR BOGOR, Target pemerintah untuk mem­fungsikan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) sesi I pada Lebaran tahun ini terus dikebut. Seperti dikutip dari Instagram Kementerian PUPR, @kemenpupr, ruas jalan seksi I Ciawi -Cigombong sepanjang 15,35 kilometer ditargetkan baru akan beroperasi satu bulan setelah tol tersebut difungsikan sebagai arus mudik Lebaran.

Camat Cigombong Basrowi menjelaskan, perkembangan jalur Tol Bocimi yang kini sudah mencapai 75 persen lebih diharapkan dapat menjadi jalur alternatif serta dapat mengurai kemacetan yang kerap terjadi selama ini menuju Sukabumi. ”Kalau untuk Bocimi saya rasa sudah tidak ada lagi kendala, tinggal pengerjaannya saja sampai selesai,” ujar Basrowi kepada Radar Bogor, kemarin.

Ia menegaskan, tak ada lagi eksekusi lahan yang akan dilakukan ke depan. Eksekusi lahan di Kampung Cisalada, Desa Cisalada menjadi yang terakhir dilakukan. Menurut Basrowi, sisanya tinggal melakukan penataan-penataan finishing.

”Itu pun bukan untuk badan jalan, hanya untuk penataan kemiringan-kemiringan tebingan. Kalau untuk badan jalan sudah selesai semua,” sambungnya.

Basrowi juga memastikan, tidak ada lahan yang harus dibebaskan lagi untuk wilayah Kecamatan Cigombong. ”Ada lahan juga yang tidak perlu dibebaskan, karena bukan lahan masyarakat,” ujarnya.

Dengan begitu, fungsional Tol Bocimi dari Ciawi hingga Cigombong bakal terealisasi. Apalagi target pemerintah pusat untuk memfungsikan Tol Bocimi sebagai jalur mudik sudah dikuatkan oleh pernyataan Presiden Joko Widodo.

”Mungkin kalau sekadar untuk berfungsi mengatasi kemacetan Lebaran sih optimis. Itu sangat mungkin. Namun kesananya kan masih ada tahapan lagi. Seperti finishing, serah terima, peresmian dan lainnya,” ungkapnya.

Selain itu, progres konstruksi fisik Ciawi Cigombong yang telah mencapai 77,39 persen tersebut juga dapat menjadi jalan alternatif menuju Jawa Barat bagian selatan terutama bagi angkutan logistik yang selama ini harus berhadapan dengan kemacetan pada ruas Jalan Ciawi-Cigombong-Cicurug-Cibadak

Sekadar diketahui, pe­merintah pusat berencana membuka secara fungsional beberapa ruas tol saat mudik Lebaran. Tol Trans Jawa yang bakal difungsikan tersebut diketahui mencapai 235 kilometer. Salah satunya Tol Ciawi-Sukabumi seksi I, Ciawi-Cigombong. (dka/c)