Beranda Metropolis

Pilkada, Lelang Jabatan Tetap Dilakukan

BERBAGI
Plt Walikota Bogor Usmar Hariman

BOGOR–RADAR BOGOR,Meski tengah dalam situasi pemilihan kepala daerah (pilkada), rupanya, tak membuat pro­ses penjari­ngan tiga jabatan eselon II di lingkungan Pem­­kot Bogor ter­hambat. Surat permoho­nan Plt Wali Kota Bogor, Usmar Hariman yang dilayangkan kepada Kemen­terian Dalam Negeri (Ke­men­dagri) pada 28 Maret, kini sudah berb­uah persetujuan.

Surat persetujuan seleksi terbuka jaba­tan untuk posisi kepala Badan Pendapatan (Bapenda), kepala Dinas Ketahanan Pangan serta asisten Perekono­mian Pembangunan dan Kesejahteraan Pemkot Bogor, mendapat restu dari Kemen­dagri per tanggal 30 April lalu.

Prosesnya memang bisa dibilang cepat. Usmar bahkan menargetkan lelang jabatan serta mutasi rotasi pejabat lingkungan Pemkot Bogor selesai sebelum masa jabatan­nya sebagai plt wali kota sele­sai. Usmar mengakui bah­­wa ketika dalam masa ta­ha­pan pilkada, sesuai Undang-Unda­ng No 10 Tahun 2016, untuk melaku­kan lelang jabatan atau open bidding perlu terlebih dahulu ada persetujuan dari Kemen­dagri.

“Harus ada rekomendasi dari kementerian kalau dalam masa suasana pilkada. Alhamdulillah cukup lama rekomendasinya turun, sekarang sedang memo­hon rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), dan rekomendasi persetujuan pansel pemilihan,” jelasnya kepada Radar Bogor, belum lama ini.

Setelah tahapan itu selesai, Pemkot Bogor segera mengu­mumkan kepada pejabat eselon III dan para pejabat eselon II yang berminat pindah ke jabatan yang kini diisi oleh pelaksana tugas (plt).

“Yang dulu pernah ikut open bidding dan sekarang mau ikut, tinggal bikin visi misi. Terbuka untuk ASN di luar Bogor. Namanya seleksi terbuka,” terangnya.

Ia berharap proses open bidding ini selesai pada Mei. Sehingga, bulan depan bisa dilakukan mutasi dan rotasi, dampak kosongnya beberapa jabatan eselon III yang promosi di open bidding.

“Akhir bulan tahapannya sudah selesai. Kemudian kita akan mereko­mendasikan promosin­ya. Diprediksi tanggal 23 juni masa berlaku saya sudah selesai,” kata Usmar.

Seperti diberitakan sebelum­nya, Kepala BKPSDA Kota Bogor, Fetty Qondarsyah meng­ata­kan, pihaknya berniat mela­ku­kan open bidding pada Mei. Sengaja dilakukan di perte­ngahan tahun, karena akan ada satu lagi pejabat eselon II yang pensiun.

“Jadi, empat kursi yang akan diopen-biddingkan,” ujarnya.

Dengan demikian, kata dia, tahun ini Pemkot Bogor mela­ku­kan dua kali open bidding dengan masing-masing empat kursi kepala OPD. Pasalnya, untuk melakukan open bidding bukan hal mudah, melainkan harus atas persetujuan Kemen­dagri serta Pemprov Jawa Barat.

Kini beberapa pejabat yang mengisi kekosongan kursi sementara, antara lain, An’an Andri Hikmat sebagai Plt Kepala Bapenda, Muhamad Gozali menjadi Plt Kepala Dinas Keta­hanan Pangan, kemudian Plt Asisten Ekbang Kesra, Iman.(fik/c)

Baca Juga