25 radar bogor

Kang Uu Tangkap Potensi Situ Gede

Calon wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruhzanul Ulum

BOGOR–RADAR BOGOR,Kang Uu sangat memikirkan potensi wisata Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Calon wakil gubernur Jawa Barat nomor urut 1 ini menangkap potensi Situ Gede saat ngubek setu tersebut bersa­ma ratusan masyarakat pada Minggu (13/5).

Di Situ Gede, Kang Uu ter­­li­hat akrab dengan mas­yara­kat dan warga yang me­nang­kap ikan di bagian te­ngah situ menggunakan rakit. Uu menuturkan, seba­gai calon pemimpin, keda­tangannya ke Situ Gede bukan hanya sebatas berte­gur sapa dengan masyarakat yang ngubek setu, tapi juga menggali potensi wisata Situ Gede.

”Kegiatan ini adalah se­bagai bentuk syukur saya kepada masyarakat untuk ikut berbahagia dengan mas­yarakat, sekaligus saya ke sini melihat potensi ten­tang pariwisata di Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Ternyata Situ Gede ini potensinya bagus, perlu di­kem­bangkan,” ujar Uu.

Pasangan Ridwan Kamil di Pilgub Jabar itu me­nyarankan, agar daya wisata Situ Gede meningkat, maka perlu dilaku­kan pem­bangu­nan berbagai fasilitas, di anta­ranya mem­ba­ngun sentra kuliner, tem­pat pengi­napan, mem­per­lancar akses jalan, memb­angun tempat ibadah dan fasilitas yang dibutuhkan pe­ngunjung lainnya.

Untuk mengembangkan po­tensi wisata yang dimiliki Situ Gede itu, kata Uu, pihaknya siap berkoordinasi dengan pemerintah setem­pat. ”Saya memahami yang namanya wisata di daerah itu kurang dikembangkan karena uangnya harus dibagi sama kesehatan, jalan dan kebutuhan lain. Saya paham karena saya juga sebagai kepala daerah. Oleh karena itu pemerintah provinsi di sini harus hadir, harus sigap, kalau dibiarkan ini kurang bermanfaat. Maka di sini harus dibangun jalan kemu­dian dibangun penginapan dan juga dibangun sentra kuliner,” kata Kang Uu.

Bupati Tasikmalaya dua periode ini mengatakan, dalam mem­bangun fasilitas wisata juga bisa diker­jasamakan dengan pihak swasta. Dalam hal ini pihak­nya siap mem­permudah dan memberikan kenya­manan bagi investor yang ingin mengembangkan destinasi wisata.

Menurutnya, man­faat yang didapatkan jika potensi wisata Situ Gede ini dikembangkan sangat banyak, di antaranya meningkatkan pendapatan asli daerah, menciptakan lapangan kerja, dan meni­ngkatkan pereko­nomian masyarakat sekitar. ”Selain itu, jika dikem­bangkan, ini juga dapat meningkatkan kebahagiaan masyarakat karena kebahagiaan juga ada sarana dan prasara­nanya,” jelasnya.

Jika pendidikan salah satu sarana dan prasara­nanya adalah sekolah, maka kebahagiaan sarana dan prasarana­nya adalah objek wi­sata dan sarana prasarana yang bagus di tempat wisata itu sendiri,” kata Kang Uu.(*)