25 radar bogor

Jangan Jadi Penonton

MENUJU KOTA METROPOLITAN: Cibinong City Mall berdiri megah di kawasan Jalan Tegar Beriman Cibinong. Mal terbesar di Cibinong ini menjadi ikon pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Bogor.

CIBINONG­–RADAR BOGOR, Menjadikan Cibinong sebagai kota metro­politan tidak semudah mem­balikkan telapak tangan. Perlu waktu untuk membuat konsep menuju ke arah itu semua. Demikian disampaikan Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setda Kabupaten Bogor Rustandi.

Menurut dia, berbicara kota metropolitan, tidak terlepas dari pertumbuhan ekono­mi. Nah, berbicara pertumbuhan eko­nomi, menurut dia, ha­rus diikuti dengan persiapan infrastruktur, jasa, dan perdagangan.

Di sisi lain, Kabupaten Bo­gor saat ini masih sangat mi­nim, termasuk sumber daya ma­nu­sia (SDM), potensi yang bi­sa bersaing saat tumbuh menjadi kota metropoli­tan. ”Manakala satu sama lain ti­dak bersentuhan, maka pertum­buhan tidak akan memba­wa dampak sejahtera bagi mas­yarakatnya. Karena pertum­buhan ekonomi, antara lain masyarakatnya harus berge­rak sejahtera. Ini tantangan,” tegasnya.

Untuk menjawab tantangan itu, Pemkab Bogor harus me­ngundang pihak swasta un­tuk menyediakan layanan yang dibutuhkan dengan kemu­da­han yang diberikan.

”Dari masyarkatnya de­ngan adanya layanan yang terse­dia harus jadi momentum unt­uk menjadi pelaku atau men­gisi kesempatan itu. Jangan ke­mu­dian terjadi migrasi pen­duduk dari daerah lain, se­hingga kita tetap tertinggal atau menjadi penonton,” tan­dasnya.(wil/c)