Beranda Metropolis

Balaikota akan Dibuat Modern dan Hijau

LEBIH MODERN: Balaikota akan dipermak lebih modern dan hijau.

BOGOR–RADAR BOGOR,Setelah hampir 20 tahun tanpa perubahan konsep, halaman Balaikota Bogor bakal diubah menjadi lebih modern. Lantai keramik yang kini hanya tersusun polos, akan diubah hingga membentuk gambar. Tak hanya itu, di sekitarannya akan dipenuhi tanaman sehingga tidak tampak gersang.

Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah (Setda) Pemkot Bogor, Yadi Cahyadi menjelaskan, sejak ia mendu­duki jabatan itu pada Februari lalu, konsep tersebut sudah ada dalam benaknya. “Pertama kali yang saya lihat adalah Plaza Balaikota yang sudah hampir 20 tahun masih seperti seka­rang,” jelasnya kepada Radar Bogor akhir pekan lalu.

Ia mengaku sudah mengan­tongi beberapa konsep untuk diterapkan pada bangunan Plaza Balaikota Bogor. Salah satunya adalah halaman dengan lantai bermotif Tugu Kujang ataupun bunga bangkai, kemudian beberapa gambar mural tiga dimensi.

“Rencananya, ingin saya ubah lantai plazanya ini dengan menggunakan motif gambar 3D ataupun gambar khas Bogor seperti kujang atau bunga bangkai,” terangnya.

Tujuannya, selain memper­cantik bangunan Balaikota, keindahan lantai halaman tersebut juga nantinya bisa dijadikan objek foto jika ada masyarakat yang berkunjung ke Balaikota.

“Sehingga plaza itu tidak hanya digunakan apel, tapi orang bisa berswafoto. Jadi tidak monoton,” beber Yadi.

Ia berharap idenya itu bisa diterima oleh para pimpinan di lingkungan Pemkot Bogor. Karena, hingga sekarang peru­ba­han itu masih dalam tahap perencanaan.

“Masih dalam tahap perencanaan. Saya berpikir semoga ide saya bisa di-acc agar lantai itu dibuat inovasi. Sehingga masyarakat merasakan ada perubahan,” tuturnya.

Tak hanya itu, mantan kepala Bidang Pertamanan pada Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor ini juga berniat membuat taman di area Balaikota. Mulai dari vertical garden, hingga tana­man-tanaman yang warnanya bervariasi.

Selain mempercantik tampak depan Balaikota, Yadi berniat untuk memperbaiki saluran air Balaikota yang kerap kali mampet ketika hujan.

“Balaikota ini saluran airnya ketika hujan sering mampet, rencananya tahun ini kita membuat U-Ditch, sehingga aliran airnya lancar,” tukasnya.(fik/c)

Baca Juga