Beranda Berita Utama

Preview AS Roma vs Juventus: Untuk Langit ke Tujuh

BERBAGI
Preview AS Roma vs Juventus

ROMA–RADAR BOGOR,Stadion Olimpico menjadi yang paling sibuk pekan ini. Setelah meng­gelar final Coppa Italia, dini hari nanti stadion berkapasitas 72.698 tempat duduk itu sangat mung­kin kembali jadi perayaan scudetto.

Juventus yang akan melawan AS Roma hanya membutuhkan hasil seri untuk mengunci scudetto ketujuh beruntun mereka. Bahkan, meski kalah sekalipun, Nyonya Tua masih juara andai di waktu bersamaan Napoli yang defisit enam angka (91-85), gagal menang dari Sampdoria di Luigi Ferraris.

”Roma adalah tim yang sangat-sangat kuat. Bahkan, untuk musim pertamanya, apa yang dilakukan Eusebio Di Francesco luar biasa dan dia termasuk salah satu pelatih termuda terbaik,’’ kata allenatore Massimiliano Allegri dalam konferensi pers tadi malam. ”Stadion pasti penuh karena mereka (Roma, red) juga ingin mencapai target mereka. Saya sudah katakan kepada para pemain, bila ingin satu pekan istirahat ekstra, maka kami harus menang besok (dini hari nanti, red),’’ sambung pelatih 50 tahun tersebut.

Pernyataan eks pelatih AC Milan itu memang benar. Bila mampu membukukan tre punti dari Roma, atau setidaknya satu poin, maka giornata pemungkas melawan Hellas Verona (20/5) di Allianz Stadium menjadi laga hore-hore sekaligus bisa menjadi perpisahan kapten Gianluigi Buffon.

Tetapi, pelatih yang dirumorkan menjadi suksesor Arsene Wenger di Arsenal itu akan melakukan beberapa pergantian untuk dini hari nanti. Gigi yang sudah tampil di final Coppa Italia akan diganti calon kiper utama musim depan, Wojciech Szcz? Hal serupa berlaku untuk Gonzalo Higuain yang hanya menjadi pengganti di final Coppa Italia.

”Juve berhak kredit tersendiri karena mampu tampil tenang meski kalah 0-1 dari Napoli di saat krusial (23/4). Namun, Napoli juga berhak mendapat apresiasi karena mereka banyak berbenah dengan mampu memenangi beberapa pertandingan yang musim lalu gagal mereka menangkan,’’ kata Allegri lagi.

Hanya saja, Daniele De Rossi dkk juga membutuhkan tiga poin untuk mengunci satu slot ke Liga Champions musim depan. Saat ini, Roma ada di posisi ketiga dengan 73 poin. Mereka unggul dua angka dari rival sekota Lazio di peringkat empat dan empat poin dari Inter Milan yang juga berpeluang di posisi lima.

Sama seperti Juve, Roma juga ingin ”santai” pekan depan bila mampu mereguk poin absolut dini hari nanti. Sebab, di giornata pemungkas Lazio akan bersua dengan Inter.

”Ini akan menjadi laga ke-50 saya bersama Roma. Dan, saya berharap masih akan ada banyak laga lagi bersama tim ini yang disertai dengan perkembangan ke arah positif,’’ kata Di Francesco. ”Yang menjadi tugas kami (di musim depan, Red) adalah memperbaiki performa laga home. Kami harus belajar dari Juve yang memiliki penampilan home yang begitu hebat,’’ sambung pelatih 48 tahun itu. (io)

Komentar Anda

Baca Juga