Beranda Metropolis

Perpustakaan Kekinian di Cinta Baca

BERBAGI
KEKINIAN: Salah seorang pengunjung asyik membaca koleksi buku yang ada di Perpustakaan Cinta Baca, kemarin (11/5).

BOGOR–RADAR BOGOR,Tempat menjadi faktor yang berpengaruh untuk menarik minat baca anak. Suasana tempat yang nyaman dan menyenangkan terbukti mampu membuat betah anak membaca. Seperti yang terlihat di Perpustakaan Cinta Baca yang baru diresmikan kemarin (11/5).

“Kami bersyukur dengan dibukanya perpustakaan Cinta Baca. Harapannya, ini bisa didedikasikan kepada masyarakat,” ujar Ketua Yayasan Cinta Baca, Pardomuan Nainggolan.

Dia menjelaskan, disebut sebagai perpustakaan kekinian, lantaran konsep Cinta Baca dikemas berbeda dengan perpustakaan lainnya. Tujuannya, tidak membuat suasana kaku yang selama ini identik dengan perpustakaan.

“Kami berupaya membuat suasana itu tidak terlalu kaku hanya pada buku-buku saja. Tetapi dengan berbagai aktivitas di dalamnya, kemudian juga desain yang lebih keren dan lebih kekinian,” ungkapnya.

Di Perpustakaan Cinta Baca, pengunjung tidak hanya membaca buku, tapi juga bisa bermain game melalui fasilitas yang telah disediakan. Kemudian juga terdapat English Club, pemutaran film sains, malam budaya, dan story telling untuk anak-anak.

Saat ini, Cinta Baca memiliki 15.000 koleksi buku dengan tema ilmu pengetahuan, sains, dan tema-tema lainnya. Sama dengan perpustakaan lainnya, di Cinta Baca pengunjung harus menjadi anggota agar bisa meminjam dan membaca buku.

“Buku-buku yang kami sediakan di sini diperhatikan, bukan buku-buku kekerasan, pornografi, SARA, intinya harus bebas dari hal itu. Kami sediakan buku-buku yang sehat,” kata Pardomuan.

Selain perpustakaan, Yayasan Cinta Baca juga memiliki taman baca dan pos baca yang tersebar di beberapa kota besar di tanah air. Saat ini jumlah perpustakaan sendiri sudah mencapai 124 unit. Terkait pengadaan buku, Cinta Baca juga mempunyai program gerakan donasi buku. Diharapkan dalam program ini, masyarakat maupun pe­merintah berperan dalam menyum­bangkan buku-buku.

Di tempat yang sama, Kepala Disdik Kota Bogor, Fahrudin berharap, dengan adanya Per­pustakaan Cinta Baca bisa membangkitkan minat mem­baca masyarakat Bogor dan memberikan banyak manfaat.

“Dengan membaca buku tentu menambah banyak ilmu dan pengetahuan. Maka dengan adanya Cinta Baca ini, diharapkan budaya membaca atau literasi terus berkembang di Bogor, utamanya para pelajar,” tandasnya.(ran/c)

Komentar Anda

Baca Juga