Beranda Metropolis

Pembukaan Jalur Keluar-Masuk Jangan Hanya Wacana

BERBAGI
Spanduk yang terpasang di pintu masuk toll borr seksi IIB yang berada di depan perumahan Bukit Cimanggu City (BCC) yang menyatakan penolakanperesmian Toll Borr Sesi IIB jika warga tidak dapat masuk melalui pintu toll tersebut, kemarin (10/5). Nelvi/radar bogor.

BOGOR–RADAR BOGOR,Wacana membuka jalur keluar-masuk baru untuk warga Bukit Cimanggu City (BCC) dipertanyakan. Pasalnya, opsi untuk mengakomodasi kemauan warga agar bisa mengakses langsung pintu tol BORR seksi IIB itu akan memakan biaya besar. Karena perlu dilakukan pembebasan lahan.

“Tidak gampang untuk membuka akses, harus ada pembebasan lahan dan segala macam. Jadi, ini hanya ‘PHP’,” ujar warga RT 01/11 BCC, Lukman Malanuang.

Untuk itu, ia berharap Satlantas Polresta Bogor Kota bersama pihak pengelola tol, PT Marga Sarana Jabar, melakukan rekayasa lalu lintas. Sehingga, akses warga BCC ke ruas tol yang hingga kini belum diresmikan itu bisa segera dilakukan.

“Kita tetap berharap dibuka dan dilakukan rekayasa lalu lintas. Kita kepingin begitu tol dibuka, langsung dibuat rekayasa lalu lintas,” sebutnya.

Lukman sempat memberikan contoh rekayasa lalu lintas yang menurutnya bisa diterapkan. Yaitu, mengalihkan lajur menuju Bina Insani dan Ramayana ke jalur cepat.

“Menuju Bina Insani dan Ramayana kan mengambil ke kiri, mereka dialihkan ke jalur cepat. Jadi, di bawah kolong langsung masuk Bina Insani atau Ramayana sehingga tidak beradu. Nah, kalau untuk dari BCC bisa belok kiri masuk ke komplek, kemudian yang keluar bisa langsung lewat tol, tinggal dibuat barikade yang tidak permanen,” kata Lukman.

Di sisi lain, perwakilan pengembang Perumahan BCC, Wisnu mengaku belum mengetahui pasti terkait rencana BCC membuka akses baru di dekat SPBU. Dia menilai aspirasi yang disuarakan warga BCC lebih tepat direalisasikan oleh pihak-pihak yang berkaitan dengan jalan tol.

“Yang harus menanggapi pihak-pihak terkait tersebut,” kata Wisnu.

Seperti diberitakan sebelumnya, pihak-pihak yang berkaitan dengan penanganan lalu lintas kini tengah memikirkan berbagai opsi, salah satunya membuka pintu BCC yang baru.

Kasat Lantas Polresta Bogor Kota, Kompol Bramastyo Priaji menjelaskan bahwa opsi tersebut tengah dimatangkan untuk mengakomodasi kemauan warga BCC. Pintu baru BCC rencananya dibuka tepat bersebelahan dengan SPBU yang tak jauh dari BCC.

Menurutnya, masuk langsung pintu tol BORR seksi IIB dari pintu BCC memang suatu hal yang tidak diperbolehkan dalam aturan lalu lintas. Sebab, untuk masuk ke ramp on tol, terlebih dahulu perlu mengikuti lajur khusus yang radiusnya sepanjang 50 meter.

“Posisi yang sekarang tidak bisa, karena masuk tol itu radius 50 meter sebelum mulut harus ada unsur pendukung keamanan. Jadi, harus disiapkan lajur khusus yang mau masuk jalan tol, tidak bisa diganggu gugat,” jelasnya.(fik/c)

Baca Juga