Beranda Olahraga Arena

Maradona Indonesia Berpulang

MARADONA INDONESIA: Zulkarnain Lubis semasa hidup (goal.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR,Dunia sepak bola Tanah Air kembali berduka. Zulkarnain Lubis, salah satu pesepak bola legendaris Timnas Indonesia, wafat di Palembang, kemarin (11/5) karena serangan jantung.

Zulkarnain mengembuskan napas terakhir di RS Pertamina Pali, Sumatera Selatan. Berdasarkan keterangan dari sang istri, Papat Yunisal, jenazah Zulkarnain akan dibawa ke kampung halamannya di Binjai, Sumatera Utara.

”Bapak akan dimakamkan di samping makam kedua orang tuanya,” kata Papat yang notabene juga mantan pilar Timnas Indonesia Putri tersebut.

Saat masih aktif bermain, Zulkarnain yang kelahiran Binjai, 21 Desember 1958 itu jadi salah satu anggota skuat Tim Merah-Putih Pra-Piala Dunia 1986. Timnas besutan almarhum Sinyo Aliandoe hampir lolos ke putaran final di Meksiko, jika tak kalah dari Korea Selatan di fase akhir kualifikasi zona Asia.

Berposisi sebagai seorang gelandang serang Zulkarnain sempat dijuluki Maradona dari Asia. Julukan itu mencuat saat ia membela Krama Yudha Tiga Berlian yang meraih peringkat ketiga di Liga Champions Asia 1985-1986.

”Katanya gaya bermain kami mirip. Ditambah lagi rambut saya kribo sama dengan Maradona. Jika Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia 1986, mungkin saya lebih tenar dibanding dia,” ujar Zulkarnain setengah berkelakar seperti dilansir dari Bola.com, beberapa tahun silam di Yogyakarta.

”Kami juga beda nasib. Maradona kaya raya usai masa jaya, sementara saya sempat hidup susah,” timpalnya. (rur/net)

Baca Juga