25 radar bogor

Cak Imin Klaim Punya Dukungan 11 Juta Suara

Muhaimin Iskandar (dok.Jawapos)

JAKARTA–RADAR BOGOR,Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar sangat pede bakal dipilih Jokowi sebagai calon wakil presiden (cawapres). Sebab, dia merasa memiliki pendukung loyal yang jumlahnya jutaan orang.

Pernyataan itu disampaikan Muhaimin setelah bertemu Ketua MPR Zulkifli Hasan di gedung parlemen, Jakarta, kemarin (11/5). Imin –sapaannya– optimistis kansnya menjadi cawapres makin kuat.

’’Cawapres Jokowi sudah makin kuat kok, Pak Jokowi saja kasih izin bikin Join (posko Jokowi-Muhaimin, red) di mana-mana,’’ kata Imin.

Dia menyebut, Jokowi memerlukan sosok cawapres yang mampu menambah jumlah dukungan dalam pilpres. Dia merasa memenuhi kualifikasi itu. Sebab, selaku ketua umum PKB, Imin memiliki basis dukungan yang kuat.

’’Pendukung saya riil 11 juta. Yang non-NU non-PKB dari floating (pemilih mengambang, red) jadi ndak floating,’’ kata wakil ketua MPR itu.

Imin juga mengklaim memiliki basis dukungan alim ulama yang kuat. Sejumlah kiai Nahdlatul Ulama (NU) yang berseberangan tidak mendukung Jokowi siap untuk berbalik arah. ’

’Di Jatim itu ada, sekarang mereka mau (dukung Jokowi) kalau saya jadi cawapres,’’ ujarnya.

Imin memastikan bahwa posisi PKB untuk mengajukannya sebagai cawapres adalah harga mati. Imin juga menegaskan bahwa dukungan PKB ke Jokowi dilakukan sejak Pilpres 2014.

Karena itu, Imin optimistis posisi dirinya bersama PKB saat ini layak dipilih mendampingi Jokowi.

’’Dari mana nggak dipilih, pasti dipilih lah. Ayo taruhan, yo, saya dipilih atau nggak,’’ katanya, lalu tertawa.

Terkait pertemuannya dengan Zulkifli, Imin mengungkapkan bahwa pembicaraan mereka berdua membahas banyak hal. Hal yang pasti adalah ajakan Zulkifli mewujudkan pemilu damai.

Selain itu, Zulkifli kembali me­negaskan dukungan terhadap duet Jokowi-Imin pada pilpres nanti.

’’Kalau Pak Zulkifli dukung saya sebagai cawapres, itu keren,’’ tegas Imin.

Zulkifli sendiri menilai Imin la­yak menjadi cawapres. Ketua umum PAN itu mendoakan agar Imin bisa mewujudkan targetnya menja­di cawapres. ’’Kalian tahu lah nama cap­resnya, sudah disebut berkali-kali,’’ ucapnya. (bay/c17/oni)