25 radar bogor

De Gea Raih Sarung Tangan Emas

David De Gea

LONDON–RADAR BOGOR,Kiper Manchester United David De Gea meraih Sarung Tangan Emas Premier League 2017/2018. Golden Glove jadi milik De Gea yang dipastikan punya clean sheet terbanyak musim ini.

MU pulang dari markas West Ham United, Jumat (11/5/2018) dini hari WIB, dengan skor 0-0. Itu menjadi clean sheet ke-18 untuk De Gea di Premier League musim ini.

Premier League 2017/2018 memang masih menyisakan pekan terakhir, tapi De Gea sudah pasti jadi kiper dengan clean sheet terbanyak. Hal itu mengingat Ederson, kiper Manchester City, takkan lagi bisa mengejar dengan 16 clean sheet.

Maka, sebagaimana dicatat PremierLeague.com, De Gea pun kini sudah dipastikan berhak atas Sarung Tangan Emas yang pertama dalam karier kiper Spanyol berusia 27 tahun itu di Premier League.

Sejak Pepe Reina, yang berbagi predikat itu bersama Petr Cech pada musim 2009/2010, baru kali ini lagi ada penjaga gawang Spanyol yang meraih Sarung Tangan Emas.

”Kiper Man Utd terakhir yang bertengger di posisi teratas daftar clean sheet adalah Edwin van der Sar pada 2008/2009,” tulis laman web situs resmi Premier League.

Musim Premier League memang masih menyisakan satu pekan lagi, tapi De Gea sudah dipastikan tak terlampaui jumlah clean sheet-nya. Penjaga gawang asal Spanyol berusia 27 tahun itu pun meraih Golden Glove Premier League pertamanya sejak membela MU pada 2011.

”Rasanya menyenangkan, ini merupakan Sarung Tangan Emas yang pertama buat saya,” kata De Gea kepada MUTV.

“Saya amat bersyukur atas penghargaan ini. Artinya kami sudah bertahan dengan baik di liga. Saya bergembira untuk diri sendiri dan juga tim,” tutupnya.(rur/dc)