Beranda Berita Utama

Video Detik-detik Kepanikan Pendaki Saat Gunung Merapi Meletus, Astagfirullah Cepat Berlindung!

BERBAGI
Gunung Merapi saat meletus Jumat (11/5/2018) pagi.

YOGYAKARTA-RADAR BOGOR, Gunung Merapi tiba-tiba meletus Jumat (11/5/2018) pagi sekitar pukul 07:40 WIB.

Saat meletus, ratusan pendaki tengah berada di gunung paling aktif di Indonesia itu. Belum diketahui pasti nasib para pendaki tersebut.

Tak terbayangkan kepanikan mereka saat gunung tersebut meletus. Seperti yang terekam dalam video berikut, sekelompok pendaki panik ketika Gunung Merapi meletus.

Video tersebut diduga diambil salah satu personil dari kelompok pendaki itu. Dalam video berdurasi 1 menit 11 detik tersebut, terlihat beberapa pendaki tengah membuat sarapan. Lokasinya tak jauh dari titik letusan Gunung Merapi.

Beberapa tenda sudah terpasang di lokasi. Tiba-tiba terdengar suara dentuman disertai dengan kepulan asap tebal keluar dari puncak Gunung Merapi.

Dari rekaman video tampak titik letusan berada tak jauh dari lokasi para pendaki tersebut. Asap tebal menjulang tinggi ke udara, seketika suasana pun berubah kepanikan.

“Astagfirullah…cepat..cepat berlindung..astagfirullah aladzim, berlindung…,” teriak seorang pendaki yang merekam momen mengerikan itu. Tak diketahui pasti kelanjutan dari kondisi para pendaki tersebut.

Sementara itu status Gunung Merapi hingga saat ini masih tetap normal (Level I) dengan radius berbahaya adalah 3 kilometer dari puncak kawah.

PVMBG tidak menaikkan status Gunung Merapi dan masih terus memantau perkembangan aktivitas vulkanik.

Masyarakat pun dihimbau tetap tenang. Belum ada laporan korban jiwa. BPBD dan aparat masih melakukan pemantauan.

BPBD Sleman telah menginstruksikan masyarakat yang tinggal dalam radius 5 km seperti daerah Kinahrejo sudah diinstruksikan untuk evakuasi ke bawah di barak pengungsi. Masyarakat merespon dengan evakuasi mandiri ke tempat yang aman.

Para pendaki gunung Merapi dihimbau mengikuti rekomendasi dan tidak memaksakan diri mendekati puncak kawah. Berdasarkan laporan sementara terdapat sekitar 120 orang yang mendaki dan mendekati Pasar Bubrah. Kondisinya semua selamat.

BPBD telah mendistribusikan masker. Hujan abu diperkirakan turun di sekitar Gunung Merapi khususnya di bagian selatan dan tergantung dari arah angin.

Dilaporkan hujan abu vulkanik terjadi di Tugu Kaliurang Sleman Yogyakarta. Posko BNPB terus berkoordinasi dengan BPPTKG PVMBG dan BPBD. (ysp)

Baca Juga