Beranda Berita Utama

Tinggi Letusan Gunung Merapi Capai 5 Km, BPPTG : Masih Relatif Aman  

Gunung Merapi di Yogyakarta meletus lagi pada Jumat (11/5/2018) pagi.

YOGYAKARTA-RADAR BOGOR,  Ketinggian letusan Gunung Merapi pada Jumat (11/5) sekitar pukul 07.45 WIB, mencapi kurang lebih 5 km. Namun letusan freatik itu dinilai masih aman karena tidak disertai dengan awan panas.

Kepala Seksi Gunung Merapi BPPTG Yogyakarta, Agus Budi Santoso mengatakan, tidak ada gejala awal akan terjadinya letusan tersebut. Termasuk juga potensi gempa akibat letusan itu. “Letusannya vertikal, tidak disertai awan panas, jadi masih relatif aman,” kata Agus.

Kendati demikian, lanjutnya, warga diminta tetap menjauh dengan radius 3 kilometer dari Gunung Merapi untuk mengantisipasi dari hal-hal yang tak diinginkan. Saat ini, Gunung Merapi juga disterilkan dari aktivitas pendakian.

Gunung Merapi Meletus Lagi, Warga Diminta Menjauh Radius 3 Kilometer

“Kalau untuk pendakian sangat berbahaya, jadi kita sterilkan. Kalau untuk warga masih aman pada radius 3 kilometer,” terang Agus.

Menurutnya, letusan freatik Gunung Merapi terakhir kali terjadi pada 20 April 2014 lalu, atau sekitar empat tahun yang lalu.

“Jadi sebetulnya ada akumulasi tekanan gas yang diproduksi terus-menerus oleh Gunung Merapi, nah tekanan gas inilah yang menimbulkan letusan freatik,” pungkasnya. (ysp)

Baca Juga