Beranda Berita Utama

Gunung Merapi Meletus Lagi, Warga Dievakuasi. Siapkan Posko Pengungsian!

BERBAGI
Tampak kondisi letusan freatik Gunung Merapi yang teradi Jumat (11/5/2018) pagi.

YOGYAKARTA-RADAR BOGOR, Gunung Merapi di Yogyakarta kembali meletus pada Jumat (11/5) sekitar pukul 07.45 WIB. Namun, kondisi saat ini masih relatif aman karena hanya letusan freatik tidak disertai awan panas.

Kendati demikian, warga yang bermukim di sekitar lereng Gunung Merapi tetap diminta menjauh dengan radius aman 3 kilometer dan sebagian dievakuasi ke tempat-tempat yang aman.

Komandan Reaksi Cepat BPPD Yogyakarta Pristiawan Buntoro mengatakan, pihaknya sudah mengeluarkan imbauan agar warga menjauh dengan radius 3 kilometer terutama di Selatan Gunung Merapi.

Gunung Merapi Meletus Lagi, Warga Diminta Menjauh Radius 3 Kilometer

Sebagai antisipasi, pihaknya juga sudah menyiapkan posko-posko pengungsian di beberapa lokasi. Warga sebagian juga sudah dievakuasi ke posko-posko tersebut. “Proses evakuasi ini sebagai bentuk reaksi cepat tanggap kita mengantisipasi letusan freatik Gunung Merapi,” katanya.

Menurutnya, evakuasi dilakukan sejak pukul 08:00. Sementara status Gunung Merapi saat ini masih aktif normal. “Logistik untuk pengungsi juga sudah mulai didistribusikan, seperti masker sudah dibagikan ke warga,” terangnya.

Tinggi Letusan Gunung Merapi Capai 5 Km, BPPTG : Masih Relatif Aman

Pihaknya mengimbau warga tetap tenang tidak panik, dan mengikuti instruksi dari petugas. “Tetap menjauh dengan radius 3 km,” pungkasnya. (ysp)

Komentar Anda

Baca Juga