Beranda Female

Posyandu Pitaloka, Posyandu Terbaik Tingkat Kota Bogor 2018

BERBAGI
Posyandu Pitaloka, Posyandu Terbaik Tingkat Kota Bogor 2018

Posyandu Pitaloka yang berlokasi di Jalan Beringin Nomor 5, Kedunghalang, Bogor Utara, Kota Bogor, tahun ini terpilih sebagai pemenang lomba posyandu tingkat Kota Bogor. Posyandu ini dapat mengubah stigma warga, yang awalnya malas untuk periksa, menjadi rutin melakukan pemeriksaan. Lalu, apa saja yang menarik dari posyandu ini dibanding posyandu pada umumnya?

Posyandu Pitaloka terbentuk sekitar tahun 2000 dan sampai saat ini sudah menangani sekitar 120 balita yang sudah menjadi member tetap di posyandu ini. Banyaknya balita yang sudah menjadi member, tak lantas membuat para kader penggerak posyandu ini puas. Mereka selalu bersemangat memberikan arahan kepada sebagaian warga yang memang belum mau melakukan kegiatan di posyandu.

Tujuan dari posyandu ini sendiri, kata Sekretaris Pitaloka Nengah, untuk membantu menyejahterakan dari segi kesehatan para balita. Di samping ibu hamil dan lansia (lanjut usia).

”Karena kesehatan warga sangat penting untuk terus dipantau. Posyandulah tempat yang sekiranya paling dekat dengan warga sekitar. Balita juga merupakan calon penerus bangsa. Untuk itu, kesehatannya perlu diperhatikan,” terangnya.

Nengah menegaskan, Posyandu Pitaloka ternyata tercipta dari kekompakan para kader yang selalu semangat dan penuh kesabaran memberikan informasi pada warga yang membutuhkan. ”Apalagi sekarang gedungnya sudah mandiri, pokoknya komplet deh!” ungkapnya kepada Radar Bogor.

Makanya, tak heran jika Posyandu Pitaloka kerap meraih penghargaan. Seperti saat mengikuti lomba tingkat kota, kata dia, terdapat tiga daerah bagian Bogor yang ikut serta, yaitu Utara, Tengah, dan Barat. Lomba saat itu pun menunjukkan semua program kerja dan kelengkapan dari masing-masing posyandu.

Penilaian lomba ini semuanya harus ditimbulkan, mulai dari KWT, program kerja, serta untuk buku-buku juga harus lengkap.Buku yang dimaksud adalah buku SIP (Sistem Informasi Posyandu).

”Semua kegiatan posyandu ada di buku ini. Untuk itu, buku ini sangat penting di setiap posyandu,” tegasnya.

Dalam buku SIP, juga terdapat data-data kader, bayi, balita, WUS (wanita usia Subur), dan PUS (pasangan usia subur),” tutupnya.(cr4/c)

Baca Juga