Beranda Pendidikan

Pentas SMA Kosgoro Angkat Seni Daerah

ATRAKSI: Salah satu aksi teatrikal siswa mengangkat seni daerah Betawi.
BOGOR–RADAR BOGOR,SMA Kosgoro mengadakan pagelaran kesenian Nusantara selama tiga hari (3-5/5) di Gedung Solidaritas SMA Kosgoro. Sebanyak 18 kelas terdiri dari kelas X dan XI ambil bagian dalam kegiatan ini. Hasil penilaian dewan juri sebagai juara umum kelas XI adalah kelas XI IPS dan juara umum kelas X adalah kelas X IPA 4.
Ketua OSIS Muhammad Yudistira Basari mengaku puas dengan pagelaran seni Nusantara yang dikemas dalam pentas pagelaran kelas tersebut.
”Kegiatan ini benar-benar menghibur dengan tampilnya tiap-tiap kelas dalam budaya Nusantara yang berbeda-beda. Selain sebagai hiburan, panitia juga menyiapkan dewan juri untuk menilai penampilan masing-masing kelas unjuk kebolehan dalam Teater Nusantara, vocal group, perkusi, tari kolaborasi antara tari tradisional dan modern, iklan kreatif, hingga stand up comedy.
Kepala SMA Kosgoro Tri Atmojo menyambut baik pagelaran kesenian dengan mengangkat tema Budaya Nusantara.
”Ini merupakan cara kami mengenalkan budaya yang ada di Indonesia dengan cara bermain peran, di mana setiap kelas menampilkan seni daerah yang ada di Indonesia,” ujarnya.
Dengan cara ini, lanjut dia, ternyata para siswa sangat antusias dibuktikan dengan latihan intensif dan juga biaya tidak sedikit.
”Sekolah menyumbang dana kegiatan ini sekitar Rp14 juta, tentu ini tidak besar jika dibandingkan pengeluaran para siswa. Pembelajaran seperti ini ternyata lebih mengena dan siswa merasa senang dapat tampil dalam pertunjukan dengan kosep yang berbeda-beda,” tambahnya.(ran/b)

Baca Juga