Beranda Berita Utama

Kerusuhan Mako Brimob, Dirjen Kemenkum HAM Pastikan Ahok Aman

Ahok dipastikan aman di Rutan Mako Brimob.

DEPOK-RADAR BOGOR, Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Ade Kusmanto menuturkan, mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, alias Ahok, berada dalam kondisi yang aman. Walaupun, telah terjadi peristiwa keributan di Rumah Tahanan (Rutan) Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

“Masih aman, karena kan itu tempatnya terpisah, jadi tidak tercampur dengan (tempat) yang (untuk) teroris, di sana kan ada tempat-tempatnya,” kata dia,¬†Rabu (9/5/2018).

Ade juga menegaskan, Rutan Mako Brimob masih dalam kondisi aman sehingga Ahok tidak perlu dipindahkan ke tempat penahanan lain dengan alasan keamanan. Namun, lanjutnya, bukan tidak mungkin terpidana kasus penodaan agama itu dipindah ke tempat lain jika suasana di Rutan Mako Brimob dianggap tidak aman.

“Memungkinkan (untuk dipindahkan) kalau memang di situ Pak Ahok dianggap tidak aman lagi karena ada kerusuhan tadi malam, jadi memungkinkan untuk memindahkannya. Tapi kai tetap akan berkoordinasi,” tutur dia.

Untuk saat ini, Ade memastikan bahwa pria yang pernah memimpin Kabupaten Belitung Timur itu berada dalam keadaan yang baik-baik saja. Sehingga, tidak ada yang perlu dikhawatirkan khalayak. (ysp)

Baca Juga