25 radar bogor

500 Bangunan Bakal Ditertibkan

Andika Radarbogor GEBER PEMBANGUNAN: Pemerintah terus mengejar rencana pembangunan jalur ganda kereta api Bogor-Sukabumi tahap I antara Cicurug-Cigombong, kemarin (8/5).

CIGOMBONG–RADAR BOGOR, Rencana pembangunan double track (jalur ganda) kereta api Bogor-Sukabumi tahap I antara Cicu­rug-Cigombong, terus menun­juk­kan perkembangan.

Dalam waktu dekat, pem­ba­ngunan bakal dimulai dengan pem­bong­karan 500 lebih ba­ngunan yang berdiri di sepan­jang jalur rel.

Camat Cigombong Basrowi men­­jelaskan, ada dua desa di wilayahnya yang dilintasi jalur ganda tersebut. Yakni Desa Wa­tesjaya dan Cigombong. Kata dia, tiga desa lainnya ma­suk wilayah Sukabumi. An­tara lain Desa Cicurug, Tenjo Ayu, dan Benda. ”Sekarang ini kami se­­­dang rapatkan dan pem­ba­hasan UKL dan UPL dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat.
Terutama tentang dampak pembangunan, perencanaan, keamanan, dan banyak hal lainnya,” beber Basrowi.

Sambung dia, sterilisasi lahan yang bakal diproyeksikan men­jadi rel kereta api ini bersifat pe­nertiban, bukan pembebasan. Mes­kipun, kata dia, bakal ada pem­bebasan yang dilakukan pe­merintah pusat namun bukan di ruas yang ada saat ini. ”Yang sekarang ini kan baru Cigom­bong-Cicurug. Ini sifat­nya penertiban karena memang bangunan itu berdiri di tanah PJKA,” sambung­nya.

Basrowi menjelaskan, seba­gian besar bangunan tersebut berjenis tempat tinggal, tempat usaha, dan kontrakan yang berdiri di atas tanah negara sepanjang 7,09 kilometer. ”Dalam satu bulan ini bakal dilaksanakan penerti­ban,”tegasnya.

Setelah meratakan ratusan ba­ngunan, pekerjaan fisik baru akan dimulai. Pembahasan di tingkat wilayah pun, dikata­kan­nya sudah selesai.

”Makanya kami bawa ke tingkat provinsi untuk dilakukan revisi-revisi dokumen. Selanjutnya akan ada tim terpadu untuk action di lapangan,” urainya.
”Sekarang masih pendataan dan kerohiman untuk bangunan yang akan ditertibkan nanti,” tukasnya.

Sekadar informasi, double track Cicurug-Cigombong itu masuk program pembangunan rel kereta Bogor-Sukabumi yang juga lintasan Bogor menuju Yogyakarta.(dka/c)