Beranda Berita Utama

Uji Laik Fungsi Tujuh Tol Baru Rampung, Tol BORR Seksi 2B Siap Beroperasi

BERBAGI
UJI COBA: Petugas PT Marga Sarana Jabar (MSJ) melakukan uji kelayakan Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi IIB.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Sebanyak tujuh ruas tol baru kini tengah memasuki tahap akhir perbaikan dan telah masuk ke dalam babak uji laik fungsi.

Adapun ketujuh tol itu adalah ruas Tol Solo-Ngawi Seksi Kartosuro-Simpang Susun (SS) Sragen sepanjang 36 km, Tol Bogor Ring Road Seksi 2B Kedung Badak-Simpang Yasmin sepanjang 2 km, Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi 1 SS Tanjung Morawa-SS Parbarakan sepanjang 10,75 km, serta Tol Gempol-Pasuruan Seksi 2 SS Rembang-SS Pasuruan sepanjang 6,6 km.

Selanjutnya, akses Dryport Cikarang Tol Jakarta-Cikampek sepanjang 3,5 km, Tol Pejagan-Pemalang Seksi SS Brebes Timur-Sewaka sepanjang 36 km, dan Tol Pemalang-Batang Seksi Sewaka-SS Pemalang sepanjang 5,2 km.

Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna mengungkapkan, timnya telah turun ke lapangan dan melaporkan bahwa beberapa ruas tol seperti Tol Solo-Ngawi Seksi Kartosuro-SS Sragen masih perlu perbaikan setelah dilakukan tahap uji laik fungsi.

“Intinya sekarang sudah masuk (uji) laik fungsi. Kalau sudah tahapan ini masih pengecekan, misal di Tol Solo-Sragen yang masih ada perbaikan untuk dua minggu ke depan,” ujar dia saat dihubungi liputan6.com di Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Dia menyebutkan, selain Tol Solo-Ngawi Seksi Kartosuro-SS Sragen, ruas lainnya yang secara progres paling siap setelah dilakukan uji laik fungsi ialah Tol Bogor Ring Road Seksi 2B Kedung Badak-Simpang Yasmin.

Ketika ditanya waktu pasti ruas-ruas tol itu bisa segera dioperasikan, ia mengaku belum bisa menjawab secara pasti.

“Kita baru bisa bilang tahapannya saja, pokoknya dalam waktu dekat (tujuh tol baru bisa segera dioperasikan). Saat ini uji laik fungsi sudah berjalan, tinggal perbaikan, baru turun informasi kapan bisa beroperasi,” dia menegaskan.

Selain itu, Herry mengabarkan bahwa tarif tujuh ruas tol baru itu akan bervariasi. BPJT pun bakal memberitahukan hitungan soal tarif itu bila saatnya sudah tepat. (ysp)

Baca Juga