Beranda Berita Utama

Macan Tutul Mondar-mandir di Pemukiman, Warga Sukamaju Resah

Ilustrasi Macan Tutul

JAMBI-RADAR BOGOR, Sepasang macan tutul kepergok sejumlah warga Desa Sukamaju, Kecamatan Rimbo Ulu, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi, tengah mondar-mandir di sekitar pemukiman. Sontak, keberadaan hewan buas itu pun membuat warga resah.

Berdasarkan informasi, warga pertama kali melihat ada seekor induk macan tutul bersama satu anaknya tengah berjalan santai di kawasan pemukiman pada 1 Mei 2018 lalu.

“Dua hari setelahnya kembali dilihat oleh warga lain,” ujar Agus, salah seorang warga Rimbo Ulu di Tebo, Senin (7/5/2018). Menurut dia, warga yang takut bahkan ada yang tidak berani keluar rumah usai kabar macan tutul itu merebak. Desa Sukamaju di Kecamatan Rimbo Ulu memang terletak tidak jauh dari kawasan hutan di Kabupaten Tebo.

Karena khawatir bisa membahayakan, warga pun melaporkan kejadian tersebut kepada aparat desa setempat yang kemudian meneruskannya ke aparat Polsek Rimbo Ulu.

Kejadian ini dibenarkan Kapolsek Rimbo Ulu, Iptu A Hermana. Usai menerima laporan macan tutul itu, ia mengirim tiga orang petugas polisi ke lokasi pada Jumat (4/5/2018).

“Dari hasil pengecekan dan keterangan warga, ada yang beberapa warga yang mengaku melihat langsung keberadaan binatang itu,” ujar Hermana.

Hermana juga mengimbau agar warga berhati-hati, khususnya saat berada di luar rumah. Selain itu, warga juga diminta tidak panik atau resah atas kabar tersebut.

Untuk memastikan keberadaan induk macan tutul dan anaknya itu, polisi akan berkoordinasi dengan Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi.

“Posisinya (macan tutul) belum diketahui secara pasti. Sekali lagi warga agar tetap tenang dan tidak panik,” imbuh Hermana.

Macan tutul dalam bahasa latin disebut Panthera Pardus merupakan salah satu dari empat kucing besar. Hewan ini juga dikenal dengan sebutan harimau dahan karena kemampuannya dalam memanjat pohon.

Macan tutul berukuran besar, dengan panjang tubuh antara satu sampai dua meter. Spesies ini pada umumnya memiliki bulu berwarna kuning kecoklatan dengan bintik-bintik berwarna hitam. Bintik hitam di kepalanya berukuran lebih kecil. Macan tutul betina serupa, dan berukuran lebih kecil dari jantan.

Daerah sebaran macan tutul adalah di benua Asia dan Afrika. Oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN) macan tutul secara umum dievaluasikan sebagai beresiko rendah. Namun beberapa spesies macan tutul di Indonesia seperti macan kumbang disebut masuk kategori terancam punah. (ysp)

Baca Juga