Beranda Politik

Gerindra Akui Cawapres Prabowo Mengerucut 5 Nama, Siapa Saja?

Cawapres yang akan mendampingi Prabowo pada Pilpres 2019 mendatang mengerucut ke lima nama.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Teka-teki siapa calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2019, mulai terkuak. Setidaknya, sudah mengerucut lima nama.

“Kurang lebih empat sampai lima nama. Nantilah diumumkan bulan Juni. Tapi prosesnya sudah hampir final,” kata Wakil Ketua Umum DPP Gerindra Ferry Juliantono saat dihubungi Merdeka.com, Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Ferry enggan membeberkan apakah empat sampai lima nama cawapres tersebut berasal dari parpol atau nonparpol. Semuanya, kata dia, masih dimusyawarahkan bersama koalisi, termasuk nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo.

“Yang hasilnya survei lumayan kan ada Pak Anies Baswedan dan ada Pak Gatot Nurmantyo. Tentunya pastilah, pasti dibicarakan,” ucap dia.

Dia juga membantah pertemuan antara Ketua Tim Pemenangan Pemilu Gerindra Sandiaga Uno dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memfinalisasi jika Anies menjadi cawapres Prabowo. “Pak Prabowo dengan Pak Anies enggak enggak, belum,” Ferry menandaskan.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Partai Gerindra Sandiaga Uno mengaku bertemu dengan Ketua Umum Prabowo Subianto. Dia menyampaikan permintaan masyarakat agar Anies Baswedan mendampingi Prabowo di Pilpres 2019.

“Saya sampaikan juga ada permintaan banyak dari masyarakat, dan tentunya harus mitra koalisi yang putuskan itu keputusan domainya di partai dan mitra koalisi tapi itu yang diharapkan masyarakat,” jawab Sandiaga saat disinggung Anies menjadi kandidat kuat Cawapres Prabowo, Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Sandi menyatakan pihaknya belum akan mengumumkan cawapres dalam waktu dekat.

“Saya sampaikan bahwa ada beberapa permintaan keputusan kita untuk memnentukan calon presiden dan cawapres segera, tapi saya sampaikan bahwa masyarakat sebetulnya ingin melihat programnya dulu apa, sosoknya jelas hanya Pak Prabowo dan Pak Jokowi, itu yang diinginkan masyarakat hanya dua calon,” katanya.

Menurut Sandi, Prabowo tidak galau dengan kesiapannya maju capres. “Enggak (galau), happy banget kemarin, happy banget,” ujar Sandi.

Dalam pertemuan itu juga disampaikan mengenai Partai Amanat Nasional (PAN) yang telah bergabung dengan Sekretariat Bersama (sekber) yang sebelumnya sudah diisi Gerindra dan PKS.

“Sudah ada (koalisi), Insya Allah sama PKS terus berlanjut hari minggu ini kita tingkatkan lagi intensitas kami, PAN juga sudah setuju bergabung dengan Sekretariat Bersama yang di taman Amir Hamzah,” kata Sandiaga Uno. (ysp)

Baca Juga