Beranda Politik

Debat Dipindah ke Tegar Beriman

BERBAGI
Ketua KPU Kabupaten Bogor, Haryanto Surbakti

CIBINONG-RADAR BOGOR,Debat kandidat calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Bogor 2018 yang dihelat Rabu (9/5), berpindah lokasi. Awalnya, acara yang akan disiarkan langsung oleh salah satu stasiun televisi swasta itu di IPC University PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia tepatnya Jalan Beringin 1, nomor 1 Pandansari, Ciawi Gadog. Namun, diubah ke Gedung Tegar Beriman.

Ketua KPU Kabupaten Bogor Haryanto Surbakti mengatakan, perubahan terjadi setelah adanya rapat bersama antara kepolisian, TNI, Satpol PP, Panwaslu, Dinas Perhubungan, Jasa Marga, pihak IPC, pihak TV One, LO dan tim kampanye dari lima pasangan calon (paslon) dengan pertimbangan keamanan.

”Ini berdasarkan masukan pihak kepolisian terkait keamanan, karena bagaimanapun yang mengatur keamanan adalah pihak kepolisian dan KPU sangat menghormati keputusan tersebut untuk juga menjaga keamanan masyarakat sekitar lokasi IPC,” ujarnya kepada Radar Bogor, Senin (7/5).

Pada prinsipnya, kata Haryanto, di mana pun lokasi debat dirinya optimis dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

”Insya Allah siap, mungkin 48 jam kami standby di Cibinong. Karena ini membutuhkan energi,” tuturnya.

Sementara, Komisioner KPU Kabupaten Bogor Mustqim menambahkan, untuk debat kapasitas ruangan yang disediakan hanya untuk 550 tamu undangan. Rincianya, untuk pendukung dari masing-masing paslon sebanyak 50 orang, tamu VIP 100 orang, VVIP 40 orang dan sisanya undangan biasa.

Selain itu, ada beberapa persyaratan bagi pendukung dari masing-masing paslon yang akan hadir. Di antaranya tidak membawa benda tumpul atau tajam, tidak boleh meneriakan yel-yel ketika debat berlangsung, tidak boleh membawa atribut paslon ataupun partai, dan harap memperlihatkan undangan resmi yang telah disebarkan oleh KPU.

”Pengamanan akan sangat ketat dengan satu pintu saja untuk masuk dan keluar. Pakaian bebas rapi, untuk paslon pun demikian, apakah ingin sesuai dengan foto resminya di surat suara atau lainnya, yang penting rapi,” katanya.

Mustaqim juga mengimbau agar tamu undangan bisa menghadiri undangan 30 menit sebelum acara dimulai. Sebab durasi debat efektif 90 menit meski saat disiarkan di televisi sejak pukul 19:30-21.30 WIB.(gal/c)

Komentar Anda

Baca Juga