25 radar bogor

Survei INES Unggulkan Prabowo, Pendukung Jokowi Diminta Legowo

Presiden Jokowi bersama Prabowo Subianto menunggang kuda beberapa waktu lalu.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pendukung petahana Presiden Jokowi diminta legowo dengan hasil survei elektabilitas bakal calon presiden Pilpres 2019 yang dirilis Indonesia Network Election survei (INES).

Survei INES dilakukan berdasarkan pertanyaan terbuka dan tertutup dengan hasil yang nyaris sama. Secara terbuka elektabilitas Prabowo mencapai 50,2 persen sementara Jokowi hanya 27,70 persen. Sementara secara tertutup elektabilitas Prabowo mencapai 54,50 persen, dan Jokowi hanya 26,10 persen.

“Hasil-hasil tersebut harus disikapi dengan legowo oleh para pendukung Jokowi, tak perlu menuduh survei tersebut rekayasa,” kata Presiden Gerakan Pribumi Indonesia (GEPRINDO) Bastian P. Simanjuntak dalam keterangannya, Senin (7/5).

GEPRINDO mengapresiasi kinerja INES yang profesional. Pihaknya juga mengimbau kepada seluruh pendukung dan simpatisan Jokowi agar menjaga iklim demokrasi dengan legowo serta tidak mencari-cari alasan untuk menyerang INES.

“Harusnya pendukung Jokowi sudah menyadari hasil survei tersebut merupakan realitas, sejak Jokowi mengutus Luhut B. Pandjaitan untuk merayu Prabowo pastilah Jokowi sudah tahu bahwa elektabilitasnya jauh tertinggal atas Prabowo,” demikian Bastian. (ysp)