Beranda Olahraga Arena

Piki Jadi Porter Tercepat

BANGGA: Porter asal Sembalun Piki menjadi yang tercepat dengan mencatatkan waktu 49,1 menit.

SELONG–Rangkaian dari Rinjani 100 kilometer dirangkaikan dengan Pergasingan Challenge. Kejuaraan itu diikuti ratusan porter yang menaklukkan bukit pergasingan sejauh 6 kilometer.

Peserta mengawali lomba dengan start di Hotel Nusantara Sembalun sekitar pukul 15.00 Wita. Ketika start, para peserta terlihat sangat antusias. Bahkan sebagian dari porter ada yang tak memakai sepatu.

Pada kejuaraan tersebut porter asal Sembalun Piki menjadi yang tercepat. Dia mencatatkan waktu 49,1 menit. Disusul Dayat dengan catatan waktu 50,31 menit, dan diposisi ketiga Muliono dengan catatan waktu 50,52 menit.

Sang juara Piki mengaku baru kali pertama menaklukkan Bukit Pergansingan dengan berlari. Biasanya, selama ini dia hanya melakukannya dengan berjalan. ”Kami tidak biasa melakukan ini,” ungkap Piki.

Berlari dan menaklukkan Pergasingan bukan pekerjaan muda. Butuh tenaga ekstra. Terlebih lagi medannya cukup berat. Ditambah tanjakan yang curam. ”Itu sangat menguras tenaga,” bebernya.

Piki mengikuti semua itu tanpa persiapan. Dia hanya mengandalkan kebiasaannya mendaki gunung. ”Saya sudah biasa. Sehari sebelum lomba, saya baru turun mengantar tamu dari Rinjani,” ucapnya.

Ketua KONI NTB Andy Hadianto sangat mengapresiasi usaha para pemenang dan peserta yang mampu menaklukkan Bukit Pergasingan. Menurutnya, menaklukkan bukit tersebut cukup sulit, apalagi dengan cara berlari. ”Ini momen untuk menjalin silaturrahmi bagi para porter di sini,” ujarnya.(arl/r10)

Baca Juga