25 radar bogor

Pengunjung CFD Berkaos #2019GantiPresiden Disweeping, Disuruh Ganti

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day (CFD) di kawasan Jalan MH. Thamrin- Jenderal Sudirman, Minggu (6/5/2018) pagi diwarnai aksi sweeping Pengunjung yang mengenakan kaos #2019GantiPresiden.

Ratusan personel gabungan dari kepolisian, TNI dan Pol PP terlihat bersiaga di sekitaran akses masuk CFD. Mereka melakukan sweeping kepada siapa saja yang masih memakai kaos bernuansa politik di CFD.

Para pengunjung CFD yang hendak memasuki area Thamrin-Sudirman menggunakan kaos bernuansa politik itu disuruh lepas dan ganti terlebih dahulu.

Petugas juga menyiapkan kaos putih polos bagi peserta yang mengenakan kaos politik tapi hendak mengikuti CFD.

“Tagar itu politik bukan? Pesannya kalau ganti presiden, itu politik dan kita larang,” tegas Kepala Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta, Andri Yansyah di sekitar Patung Kuda, Jakarta, Minggu pagi (6/5).

“Car Free Day itu buat olahraga dan hiburan. Tuh lihat peraturannya,” ujarnya.Peraturan Gubernur 12/2016 mengatur kegiatan CFD harus bebas dari kegiatan politik, suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), termasuk kegiatan yang bersifat menghasut. (ysp)