Beranda Metropolis

Siswa SMAN 5 Juarai Pelajar Pelopor Keselamatan

BERBAGI
Anjar Raka Alfarizi dan Aufar Alghifari, siswa SMAN 5 Bogor yang berhasil memborong juara satu dan kedua dalam ajang Pelajar Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas. (dok.Radar Bogor)

BOGOR–RADAR BOGOR,Usia boleh muda, namun soal gagasan boleh diadu. Seperti Anjar Raka Alfarizi dan Aufar Alghifari, siswa SMAN 5 Bogor yang berhasil memborong juara satu dan kedua dalam ajang Pelajar Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas.

Kepada Radar Bogor, Anjar mengatakan tak menyangka bisa meraih juara pertama dalam kegiatan yang dipelopori Dinas Perhubungan Kota Bogor dan Polresta Bogor Kota tersebut. Dia menuturkan, banyak mendapat pengalaman berharga dari kegiatan tersebut.

“Seperti semakin mematuhi peraturan lalu lintas yang ada. Menjadi pelopor untuk teman-teman dalam memberikan sedikit peringatan dalam berkendara. Semua dimulai dari diri sendiri, lalu beralih ke orang lain,” ujarnya.

Aufar Alghifari yang meraih juara dua menambahkan, dalam kegiatan tersebut, setiap sekolah mengirimkan lima siswa untuk berpartisipasi. Setelah itu, mereka dipecah dan digabungkan dengan sekolah lain menjadi satu tim.

Tujuannya, supaya saling mengenal satu sama lain meskipun dari sekolah yang berbeda.

“Kami dapat materi juga dari kapolsek, terus ada sambutan dari pemenang juara 1 Pelajar Pelopor Keselamatan tahun lalu. Ya, saling sharing pengalaman,” bebernya.

Sementara itu, Kepala SMAN 5 Bogor, Dewi Suhartini mengaku bangga dengan prestasi kedua siswanya tersebut. “Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, para pelajar yang nekat membawa kendaraan namun belum memiliki SIM, bisa lebih paham mengenai peraturan lalu lintas dan dampak yang terjadi apabila kita melanggar aturan,” jelasnya.

Adapun, ketiga pemenang dalam Pelajar Pelopor Keselamatan, yaitu juara 1 dan 2 dari SMAN 5 Bogor dan juara 3 dari SMA Mardi Yuana Bogor. Nantinya mereka akan dilatih lagi dan dilombakan di tingkat provinsi oleh Dishub.(ran/c)

Baca Juga