Beranda Olahraga All Sport

Road To World Cup 2018: Uruguay, Saatnya Juara!

BERBAGI
Timnas Uruguay

Uruguay merupakan salah satu negara yang memiliki sejarah di pagelaran Piala Dunia. Di 1930, kala pertama kali Piala Dunia diselenggarakan, Uruguay dipercaya untuk menjadi tuan rumah.

Berbicara mengenai tim historis dalam pagelaran Piala Dunia tak bisa lepas dari Uruguay. Bagaimana tidak, negara tersebut merupakan tuan rumah pertama kompetisi bergengsi tingkat Internasional itu, tepatnya di 1930 silam.

Uruguay telah turut berpartisipasi dalam pagelaran Piala Dunia sebanyak 13 kali dan hanya absen dalam delapan kesempatan saja, termasuk kala mereka menolak untuk berpartisipasi di 1934 dan 1938 dulu. Dalam lima pagelaran terakhir, Uruguay gagal turut serta sebanyak dua kali.

Meskipun terbilang negara kecil secara geografis, namun Uruguay sempat merasakan gelar juara Piala Dunia pada tahun 1930 dan 1950. Sayangnya, performa Uruguay menurun dan hanya mencatat babak semi-final sebagai torehan terbaik mereka hingga sekarang.

Di tahun 2014, Uruguay kembali berpartisipasi di Piala Dunia dan berada di grup D bersama Kosta Rika, Inggris dan juga Italia. Di ajang tersebut, kiprah La Celeste hanya sampai babak delapan besar karena tersingkir di tangan Kolombia.

Namun, Uruguay sempat menghebohkan publik karena tingkah laku salah satu bintangnya, Luis Suarez. Dalam laga melawan Italia di fase grup, pemain yang kini membela Barcelona tersebut menggigit bahu Giorgio Chiellini. Berkat itu, ia mendapatkan hukuman larangan bermain di sembilan pertandingan.

Dalam pagelaran Piala Dunia 2018 kali ini, Uruguay berada di grup A bersama Mesir, Saudi Arabia, dan tuan rumah Rusia. Materi La Celeste pun terbilang cukup mentereng dengan beberapa pemain bintang seperti Suarez dan Edinson Cavani.(rur/net)

Baca Juga