Beranda Metropolis

Target Kumpulkan Zakat Rp19 Miliar

Ketua Baznas Kota Bogor Chotib Malik (dua dari kiri) beserta pengurus (dok.Baznas Kota Bogor)

BOGOR– RADAR BOGOR,Puluhan unit pengumpul zakat (UPZ) se-Kota Bogor mengikuti kegiatan optimalisasi pengumpulan dana zakat, infak, sedekah (ZIS) di gedung Pusat Pengembangan Islam Bogor (PPIB) Jalan Pajajaran, Kota Bogor, kemarin (3/5).

Ketua Baznas Kota Bogor Chotib Malik mengungkapkan, kegiatan ini digelar dalam rangka silaturahmi pengurus UPZ Kecamatan dan masjid se-Kota Bogor. Selain itu, sekaligus sebagai sosialisasi optimalisasi pengumpulan dana ZIS tahun 2018.

Chotib menyebutkan, ada dua aturan yang mengatur tentang zakat. Yakni, Undang-Undang No 23 Tahun 2011 dan fiqih zakat. Yang berhak mengumpulkan zakat yaitu Baznas dan Laz Baznas diberi­kan kewenangan untuk memben­tuk UPZ. Sebab, kalau dilakukan oleh Baznas sendiri tidak akan terjangkau.

“Oleh karena itu, UPZ kita kumpulkan hari ini supaya ada persamaan persepsi,” kata Chotib.

Dia mengatakan, tahun 2018 Baznas Kota Bogor menargetkan sebesar Rp19 miliar lebih. Potensi ini bisa diperoleh dengan telah ditetapkannya zakat sebesar Rp35 ribu per kepala keluarga. Melalui kegiatan ini, Chotib berharap, pengumpulan dana ZIS di Kota Bogor bisa optimal dan teratur.(ran/c)

Baca Juga