Beranda Politik

STS Soroti Situ Gede

BERBAGI
PEDULI LINGKUNGAN: Calon wali kota Bogor, Sugeng Teguh Santoso terjun langsung membersihkan sampah-sampah yang berada di Situ Gede, kemarin (3/5).

BOGOR – RADAR BOGOR,Kepedulian terhadap lingkungan, menjadi sorotan penting calon wakil wali kota Bogor, Sugeng Teguh Santoso. “Gatal” melihat Situ Gede terlihat kumuh, pasangan dari Dadang Iskandar Danubrata ini pun langsung melakukan bebersih bersama warga sekitar.

Sugeng mengatakan, selama ini Situ Gede hanya dieksploitasi. Di antaranya, sebagai objek wisata, ngubek setu, dan pemukiman. Akibatnya, muncullah beberapa masalah lingkungan. Khususnya, sampah domestik dari saluran yang masuk maupun pedagang sekitar.

Menurutnya, sedimentasi di Situ Gede pun sudah begitu tinggi. Sehingga, air terlihat hitam dan baku mutunya bisa dipastikan buruk. “Kalau tidak diperhatikan oleh pemerintah pusat, provinsi, daerah hingga masyarakat, Situ Gede hanya tinggal kenangan bebe-rapa tahun ke depan,” ujarnya kepada Radar Bogor usai bebersih Situ Gede Kecamatan Bogor Barat, kemarin (3/5).

Pria yang akrab disapa STS itu telah menyiapkan solusi tepat untuk menjaga dan melestarikan Situ Gede. Serta, memerlukan intervensi pemerintah. Meski kewenangannya ada di pemerintah provinsi dan pengelolaan sumber daya air (PSDA), pemkot bisa menginisiasi dengan membuat design engineeringnya. Yakni, satu rencana pengelolaan terhadap Situ Gede.

“Mengeluarkan sedikit biaya dari APBD untuk membuat DED (detail engineering design), kemudian mengusulkan kepada PSDA maupun pemprov agar Situ Gede direvitalisasi. Kalau itu terjadi maka Situ Gede akan menjadi kawasan menarik dan terjaga lingkungannya, ditambah dengan kesadaran warga akan kebersihan lingkungan,” terangnya.(gal/c)

Baca Juga