Beranda Politik

Ratusan Petani Menguning

SEMRINGAH: Calon bupati Bogor, Ade Jaro disambut antusias kelompok tani (Poktan) Bina Sugih, kemarin (3/5).

RUMPIN – RADAR BOGOR, Ratusan petani di RT 01/02, Kampung Cibuluh, Desa Gobang “menguning”. Aksi itu dilakukan untuk menyambut kedatangan calon bupati Bogor, Ade Ruhandi dalam panen raya yang digelar kelompok tani (Poktan) Bina Sugih, kemarin (3/5).

Antusiasme masyarakat terlihat saat mereka berbaris rapi sepanjang sekitar 100 meter untuk bersalaman dengan pria yang akrab disapa Jaro Ade itu. Salah seorang petani, Udin (51) mengatakan, sengaja menggunakan pakaian serba kuning, mulai dari baju yang bertulisan Jaro Ade Bupatiku hingga topi anyaman bambu yang dicat kuning dengan tulisan yang sama, selain menyambut kedatangan mantan ketua DPRD Kabupaten Bogor itu, juga sebagai bentuk pemberian dukungan.

“Mulai dari tudung cetok (sebutan warga sekitar untuk topi anyaman bambu) hingga golok sengaja kami beri warna kuning dan tulisan Jaro Ade Bupatiku,” katanya. Sejak menjabat sebagai ketua DPRD Kabupaten Bogor, kata Udin, perjuangan Jaro Ade untuk masyarakat sudah terbukti. Termasuk untuk kesejahteraan petani. “Kami siap memenangkan Jaro Ade menjadi bupati Bogor,” tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Poktan Bina Warga Saepudin. Menurutnya, para petani di Desa Gobang telah berkomitmen untuk mendukung dan memilih Jaro Ade agar menjadi bupati Bogor periode 2018-2023.

Sebab, jika melihat jenjang kariernya, Jaro Ade merupakan sosok yang berpengalaman mengurus masyarakat. “Sembilan kelompok tani yang ada di Desa Gobang telah membulatkan tekad dan menyatukan suara untuk memenangkan pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Bogor nomor urut 3 dalam Pilkada Kabupaten Bogor tahun ini,” tukasnya.

Usai panen raya, pasangan dari Ingrid Kansil ini pun melanjutkan kampanyenya di Kampung Jatinunggal, Desa Cipinang, Kecamatan Rumpin. Kehadirannya menjadi angin segar bagi masyarakat yang ingin berkeluh kesah terkait nasib kampungnya. Sebab, banyak yang harus diperhatikan dan diperbaiki selain kesejahteraan masyarakat.

“Kondisi jalan di Desa Cipinang ini sangat rusak, dan kami ingin jalan ini segera diperbaiki,” kata seorang warga, Munir di hadapan Jaro Ade.

Meski di Kecamatan Rumpin banyak perusahaan yang hidup, rupanya hal itu tak berbanding lurus dengan kesejahteraan warganya. Sebab, Munir mengaku bahwa pengangguran masih menjadi masalah warga di Rumpin. “Jangan sampai masyarakat Rumpin ini hanya menjadi penonton, sedangkan yang kerja bukan warga Rumpin,” imbuhnya.

Menanggapi perihal tersebut, Jaro Ade menuturkan, masalah infrastruktur jalan di Kecamatan Rumpin banyak yang rusak karena dilintasi oleh kendaraan pengangkut hasil tambang. Untuk itu, apabila terpilih memimpin Kabupaten Bogor, ia akan membangun jalan yang khusus dilintasi oleh kendaraan-kendaraan tambang. Sedangkan untuk menyelesaikan masalah lapangan kerja, sambungnya, pasangan Jaro Ade–Ingrid Kansil memiliki program penyediaan 500 ribu lapangan kerja dalam program tujuh pilar yang digagasnya.(gal/c)

Baca Juga