Beranda Metropolis

Literasi Media Tangkal Informasi Bohong

PEDULI PENDIDIKAN: Himpaudi Unpak bekerja sama dengan Disdik Kota Bogor, menggelar seminar pendidikan di Graha Pakuan Siliwangi Unpak, kemarin (3/5).

BOGOR –RADAR BOGOR,Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi), Universitas Pakuan (Unpak), serta Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, menggelar seminar pendidikan di Graha Pakuan Siliwangi Unpak, kemarin (3/5).

Seminar berjudul ‘Tips dan Trik Berinteraksi dengan Anak di Rumah dan Sekolah: Melin­dungi Anak dengan Cinta’ itu merupakan bagian dari salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

“Berbicara tentang gerakan nasional membaca buku. Tips dan trik pendidikan untuk anak di usia dini,” jelas Ketua Himpaudi Kota Bogor Tetty Syafisantika kepada Radar Bogor.

Di tempat yang sama, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Pakuan, Agnes Setyowati mengatakan, acara seminar ini sangat bermanfaat, khususnya bagi para orang tua, pengajar, dan penggiat pendidikan. Dalam rangka membantu pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan menghasilkan generasi masa depan yang baik. “Acara ini bertujuan memaksi­malkan peran orang tua dan guru, untuk berperan aktif dalam melindungi anak-anak dari pengaruh negatif tayangan media dan internet,” ujarnya.

Menurutnya, literasi media merupakan salah satu kemampuan penting yang wajib dimiliki oleh orang tua dan guru. Karena pada masa milenial sekarang ini, pusat informasi tersentralisasi pada media dan internet. Semua orang, tak terkecuali anak-anak memiliki akses terhadap segala bentuk informasi di media. Oleh karena itu, para orang tua dan tenaga pendidik harus memiliki literasi media yang mumpuni untuk membantu anak-anak memfilterisasi jenis-jenis informasi mana saja yang bermanfaat bagi mereka.

Selain itu, seminar ini juga diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian Himpunan Sarjana Kesusasteraan Indonesia (HISKI) Komisariat Bogor dalam membudayakan Gerakan Nasional Membacakan Buku untuk Anak.

Agnes, yang juga menjabat sebagai ketua HISKI Komisariat Kota Bogor ini, menjelaskan tentang pentingnya menumbuh­kan minat baca, khususnya di kalangan generasi muda. Menurutnya, peran orang tua dan guru dalam menumbuhkan budaya membaca akan sangat bermanfaat dalam mengasah kemampuan anak-anak untuk menangkap makna dan memper­tajam kemampuan berpikir.

“Secara garis besar, membaca memiliki manfaat jangka panjang bagi anak-anak. Karena dengan membaca, mereka akan men­dapatkan pengetahuan dan informasi tertentu yang berguna bagi kehidupan,” tukasnya.(fik/c)

Baca Juga