Beranda Politik

Klaim Kuasai Wilayah Selatan

BERBAGI
SALAM DUA JARI: Paslon bupati dan wakil bupati Bogor nomor urut 2, Ade Yasin-Iwan Setiawan saat menyapa warga Ciawi, di Lapang Warung Seri, Kecamatan Ciawi, kemarin (3⁄5).

CIAWI -RADAR BOGOR, Ribuan masyarakat dari Kecamatan Ciawi, Cisarua, dan Megamendung tumpah ruah di Lapang Warung Seri, Desa Bendungan, kemarin (3/5). Mereka berbondong-bondong mengikuti helaran Festival Pancakarsa yang mengusung Pawai Dongdang.

Antusiasme semakin terlihat, saat hujan mengguyur namun masyarakat tetap bersemangat. Ditambah kehadiran pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Bogor nomor urut 2, Ade Yasin-Iwan Setiawan, dengan menaiki andong dan diarak ribuan massa sambil membawa arak-arakan dongdang membuat suasana semakin meriah.

Calon bupati Bogor nomor urut 2, Ade Yasin mengatakan, pawai dongdang bagian dari budaya Sunda yang saat ini dirindukan masyarakat. Sebab, kegiatan rutin setiap tahunnya dari Pemerintah Kabupaten Bogor itu kini tak lagi ada.

Keramaian dan antusiasme masyarakat, diakuinya menjadi semangat paslon 2 untuk kembali menggelar kegiatan tersebut apabila terpilih menjadi bupati Bogor. “Ini juga bentuk silaturahmi kami dengan masyarakat,” ujarnya kepada Radar Bogor usai menggelar kegiatan pawai dongdang.

Menurut Ketua DPW PPP Jabar itu, filosofis dongdang adalah semangat gotong ro-yong. Sebab, pada saat pembuatannya melibatkan seluruh warga. Sekumpulan ide yang disatukan kemudian dikeluarkan untuk diperlihatkan kepada masyarakat. “Ini bagian daripada program Bogor Ber-adab milik kita untuk menjaga peradaban tetap ada,” tuturnya.

Konsep kampanye tematik milik paslon 2 semakin menarik simpati masyarakat. Sebelumnya, Ade Yasin telah mengadakan tradisi sebelum puasa seperti sungkeman, cucurak, dan ngubek empang. Ada pula permainan-permainan tradisional seperti bakiak dan tarik tambang. “Kita mengemas kampanye tematik, fun campaign dan kampanye persahabatan, bukan lagi calon bupati dengan masyarakat tetapi antara teman, karena kita merajut pertemanan dengan masyarakat agar mereka tidak ragu-ragu saat menyapa kami,” terangnya.

Karenanya, dalam kesempatan itu, Paguyuban Warga Bogor Selatan (PWBS) juga mendeklarasikan dukungannya terhadap paslon yang akrab disapa Hadist ini. Ade Yasin mengungkapkan akan memperhatikan wilayah selatan sebagai salah satu potensi wisata yang perlu ditingkatkan kembali. Sebab, dampaknya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari sektor pariwisata, membuka lapangan kerja baru hingga akhirnya bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Bogor.

Calon wakil bupati Bogor, Iwan Setiawan menegaskan, saat ini wilayah selatan menjadi basis paslon nomor urut 2. Ia mengaku terharu saat PWBS mendeklarasikan diri untuk memberikan dukungan.

Sebab sebelumnya, kata Iwan, masyarakat belum mengetahui bahwa dirinya pun merupakan warga asli dari selatan Kabupaten Bogor. “Ketika mengetahuinya mereka lang-sung mendukung. Saat ini tinggal penguatan saja,” katanya.(gal/c)

Komentar Anda

Baca Juga