Beranda Metropolis

Prosesi Mecaru Iringi Hut Pura Bumi Natha Sakti

BERBAGI
UPACARA: Umat Hindu Bogor sedang melakukan upacara Pujawali XI di Pura Bumi Natha Sakti Kedunghalang, Kota Bogor, Senin (30/4).

BOGOR –RADAR BOGOR,Hari ulang tahun (HUT) pura atau populernya disebut pujawali, berla­ngsung meriah di Pura Bumi Natha Sakti, kompleks Brimob Kedu­ng­halang, Kota Bogor, Senin (30/4). Tahun ini merupakan perayaan Pujawali XI Pura Bumi Natha Sakti.

Humas Banjar Suka Duka Hindu Dhar­ma Kota Bogor, Niluh Pus­pasari me­­nuturkan, acara dimulai dengan pro­sesi ke beji atau mata air yang ber­­ada di ling­kungan pura, dilanjut­­kan dengan mecaru atau pembersihan area pura, dan diakhiri persem­bahyangan bersama.

“Tak lupa, disajikan juga acara hiburan berupa penampilan tari-tarian tradisional Bali,” ujarnya.

Niluh menambahkan, persi­apan acara pujawali ini dimulai sejak sebulan sebelum­nya. Di mana warga umat Hindu Kota Bogor dan sekitarnya bergotong royong, atau dalam bahasa Bali disebut dengan istilah ngayah. “Ngayah ini dilakukan setiap akhir pekan dan setiap hari berturut-turut menjelang hari H pelaksaanan pujawali,” terangnya.

Warga bergotong royong bersama untuk menyiapkan sarana upacara, seperti mem­buat bebantenan, menghias pura, membuat penjor, mem­ber­sihkan area pura dan lain-lain. Semua dilakukan dengan rasa tulus ikhlas, demi lancarnya perayaan pujawali.

“Dengan pujawali, kami juga menjaga tali silaturahmi. Baik dengan sesama umat Hindu di Kota Bogor maupun di luar Kota Bogor,” pungkasnya.

Adapun, persembahyangan dalam rangka pujawali tersebut dipimpin oleh Ide Pedande istri Gede Sucita dari Griya Kelapa Dua Depok.(ind/*)

Baca Juga