Beranda Metropolis

Mengenal Lebih Dekat Babinsa lewat Lomba Foto

Personel Korem 061 Suryakancana (dok.Personel Korem 061 Suryakencana)

BOGOR–RADAR BOGOR,Babinsa merupakan ujung tombak dari Angkatan Darat di bidang teritorial. Bintara TNI-AD berpangkat bengkok kuning di lengan itu, sangatlah familier dalam masyarakat. Dengan tanpa mengesampingkan tugas pokoknya sebagai seorang prajurit, Babinsa mampu menjalankan tugas tambahan. Baik itu seba­gai pendamping petani, pena­nganan bencana hingga pendidikan.

Melihat beratnya tugas mere­ka, Korem 061 Suryakancana menggelar lomba foto dan video tentang kehidupan Babinsa. “Lomba ini bagian dari Babinsa Award dengan tema ’Babinsa Bela Negara’. Kriteria objek meliputi kegiatan Babinsa dalam penanganan bencana, ketahanan pangan, keagamaan, dan pendidikan. Batas pengiri­man foto tanggal 6 Mei 2018,” ujar Kepala Penera­ngan Korem 061 Suryakancana, Mayor Ratno kepada Radar Bogor.

Peran Babinsa, kata dia, menjadi ujung tombak TNI di masyarakat. Saat ini, terdapat 1.158 Babinsa di wilayah Korem 061 Suryakancana. Mereka mengawasi setiap desa yang ada di wilayah korem. ”Bahkan, ada yang mengawal tiga desa,” bebernya.

Lomba ini, sambungnya, dibuka untuk umum. Penjurian­nya akan melibatkan internal TNI dan eksternal mulai dari ahli media, wartawan, serta pewarta foto Indonesia. Adapun pemenangnya akan diumumkan pada 12 Mei di Mess 31 Korem 061 Suryakan­cana, Jalan Pajajaran.

Untuk syarat dan ketetuan lomba serta jumlah hadiah, bisa dilihat di Instagram @Pen_korem061_bogor atau menghubungi 087770356976. “Ini murni gagasan korem untuk mengangkat sosok Babinsa di masyarakat,” pungkasnya.(don/c)

Baca Juga