Beranda Berita Utama

Gunung Salak Diguncang Gempa 3,3 SR, Warga Diminta Tetap Tenang

BERBAGI
Gunung Salak diguncang gempa 3,3 SR Rabu (2/5/2018).

BOGOR-RADAR BOGOR, Kawasan Gunung Salak, Bogor diguncang gempabumi tektonik, Rabu (2/5/2018), pukul 18:11 WIB.

Berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=3,3 SR terjadi di koordinat episenter pada 6,80 LS dan 106,68 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 27 km arah barat daya Kota Bogor, Jawa Barat pada kedalaman 14 km.

Kepala Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana ( Pusdalops-PB BPBD) Kota Bogor, Ahmad Maulana mengatakan dampak gempabumi yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan lemah disekitar Gunung Salak, Bogor.

“Berdasarkan laporan masyarakat gempabumi dirasakan di daerah Gunung Salak, Bogor dalam skala intensitas I SIG-BMKG (II MMI). Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempabumi,” ujarnya kepada saat dikonfirmasi lewat pesan singkat.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, kata Achmad tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempabumi dengan kedalaman dangkal akibat sesar lokal.

Hingga saat ini, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat di sekitar wilayah Gunung Salak, Bogor dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya,” pungkasnya. (ysp)

Baca Juga