25 radar bogor

Gempa 4,3 SR Guncang Muria Jateng, Warga Sempat Panik

Ilustrasi Gempa Papua
Ilustrasi Gempa Papua

JATENG-RADAR BOGOR, Gempa bumi berkekuatan 4,3 Skala Richter (SR) mengguncang Semenanjung Muria, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (3/5/2018). Getaran gempa dilaporkan terasa hingga Pati dan Jepara.

Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono menyebutkan, gempa terjadi sekitar pukul 05.47 WIB. Titik episenternya pada koordinat 6.42 LS dan 111.07 BT. Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 36,6 km arah Utara Kabupatem Pati. Pusat gempa berada di kedalaman 12 km.

“Banyak warga merasakan guncangan gempa ini. Bahkan sempat berlarian keluar rumah untuk menyelamatkan diri,” tutur Daryono dalam keterangan resmi yang diterima JawaPos.com.

Getaran gempa bumi terasa sampai wilayah Pati dan Jepara dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau II-III MMI. Meski begitu, belum ada laporan kerusakan akibat peristiwa tersebut.

Apabila ditinjau dari kedalaman hiposenternya ini merupakan gempa dangkal akibat sesar lokal. Jika dilihat lokasi episenternya, gempa berada di sekitar zona Sesar Muria. Namun untuk memastikan sumber pembangkit gempa perlu ada kajian lebih lanjut.

Daryono melanjutkan, kemunculan gempa di kawasan Muria sangat menarik perhatian. Sebab di zona ini memang akhir-akhir ini cukup aktif secara seismik. Tercatat di zona ini sudah beberapa terjadi gempa. Di antaranya pada 1890, 23 Oktober 2015, dan 18 Juli 2016.

Hingga saat ini, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. “Kepada masyarakat sekitar Muria, Pati dan Jepara, diimbau agar tetap tenang. Karena gempa ini belum berpotensi merusak,” imbau Daryono. (ysp)